-->

Paket Lengkap Kekerabatan Fungsi Administrasi Kepala Ruang Dengan Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Pasien Penyakit Menular Di Smc Rs Telogorejo


Abstract: Manajemen keperawatan merupakan suatu pendekatan yang dinamis dan produktif  dalam menjalankan suatu aktivitas di organisasi. Fungsi administrasi keperawatan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Perawat sebagai petugas kontak pribadi dengan pasien berpotensi terjadinya abuh nosokomial. Pelaksanaan standar asuhan keperawatan merupakan inti dari praktek keperawatan, perlu didukung dengan fungsi administrasi keperawatan yang baik semoga sanggup menjamin mutu pelayanan keperawatan.
Jenis Penelitian survey, dengan pendekatan diskriptif analitik jumlah sampel penelitian 123 perawat pelaksana yang memenuhi kriteria inklusi dan eklusi. Variabel bebas fungsi administrasi kepala ruang (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan) serta variabel terikat pelaksanaan asuhan keperawatan pasien penyakit menular pengumpulan data memakai instrumen kuesioner dan dianalisa dengan uji chi square dan regresi logistik.
Hasil penelitian mengatakan bahwa ada hubungan yang bermakna antara fungsi administrasi keperawatan perencanaan dengan pelaksanaan asuhan keperawatan pasien penyakit menular nilai p value = 0,002, pengorganisasian nilai p value = 0,000, pengarahan nilai p value = 0,000 dan pengawasan nilai p value = 0,000. Ada hubungan bersama–sama antara fungsi administrasi keperawatan perencanaan dengan p value 0,002  (p<0,05) dengan Exp B=3,591 dan fungsi administrasi keperawatan pengawasan dengan p value 0,001  (p<0,05) dengan Exp B=34,000.
Saran untuk meningkatkan pelaksanaan asuhan keperawatan pada penderita penyakit menular diharapkan training perihal administrasi keperawatan terutama fungsi perencaaan dan pengawasan semoga sanggup meningkatkan pelaksanaan asuhan keperawatan pada penderita penyakit menular.
Kata kunci: Manajemen keperawatan dan Penatalaksanaan pasien penyakit menular
Penulis: I'ien Noer'aini, Ajeng Yunita, Ari Fatmawati, Arni Ratna Sari
Kode Jurnal: jpkebidanandd160486

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel