-->

Paket Lengkap Keikutsertaan Aktivitas Kesehatan Lansia Ditinjau Dari Biaya, Kepuasan Pelayanan Dan Cita-Cita Pasien Di Puskesmas Nanggulan Kabupaten Kulon Progo


ABSTRAK: Salah satu upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial bagi Lanjut Usia ialah dengan memperlihatkan pelayanan kesehatan. Cakupan pemanfaatan pelayanan pasien bagi lanjut usia di Puskesmas Nanggulan tergolong masih rendah. Rendahnya cakupan tersebut tentunya disebabkan oleh hal yang fundamental berkenaan dengan pemilihan sarana pelayanan kesehatan menyerupai adanya pertimbangan biaya, keinginan pasien dan kepuasan pada kualitas pelayanan sarana pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis imbas alasan pendasaran pemilihan sarana pelayanan kesehatan di PuskesmasNanggulan terhadap keikutsertaan dalam kegiatan lansia.
Metode: Jenis penelitian ialah penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Besar sampel penelitian ini ada 50 lansia. Besar sampel tersebut dihitung memakai rumusan teknikrandom sampling. Variabel dependen penelitian ialah keikutsertaan lansia pada kegiatan lansia dan variabel independen penelitian ialah pertimbangan biaya, keinginan pasien dan kepuasan kualitas pelayanan di Puskesmas Nanggulan. Analisis Statistik memakai uji regresi logistik.
Hasil Penelitian: Analisis statistik memakai uji logistik regresi variabel yang menghipnotis pemanfaatan pelayanan kegiatan kesehatan lansia di Puskesmas Nanggulan ialah variabel kepuasan pasien.
Kesimpulan: Lansia menentukan Puskesmas Nanggulan sebagai kawasan investigasi kesehatan namun meskidemikian tidak eksklusif besar lengan berkuasa terhadap keikutsertaan mereka pada kegiatan lansia lantaran adanya faktor kanal atau jarak rumah dengan Puskesmas Nanggulan. Keikutsertaan kegiatan lansia lebih dipengaruhi oleh adanya kepuasan pelayanan.
Kata Kunci: Program kesehatan lansia, pemanfaatan pelayanan, pasien, lanjut usia, peningkatan kesejahteraan lansia
Penulis: Dina Fitriana Rosyada, Savitri Citra Budi
Kode Jurnal: jpkesmasdd180074

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel