-->

Efek Doppler Pada Gelombang Elektromagnetik, Rumus Fisika, Persamaan, Frekuensi, Cahaya

Efek Doppler Pada Gelombang Elektromagnetik, Rumus Fisika, Persamaan, Frekuensi, Cahaya - Pada tahun 1842 Cristian Doppler menjelaskan mengapa suara seperti terdengar lebih keras/tinggi dikala sumber suara mendekati pengamat atau pendengar, dan suara menjadi  seakan-akan terdengar lebih pelan/rendah dikala sumber suara menjauhi pengamat atau pendengar. Cahaya termasuk gelombang elektromagnetik alasannya ialah dalam perambatannya tanpa melalui medium perantara. Frekuensi dan panjang gelombang yang diukur akan berubah sedemikian rupa sehingga hasil perkaliannya yaitu kecepatan cahaya, tetap konstan. Pergeseran frekuensi menyerupai itu dinamakan pergeseran Doppler. Untuk radiasi gelombang elektromagnetik, laju cahaya c merupakan ciri perhitungan dan alasannya ialah tidak ada medium tetap sebagai kerangka acuan, relativitas harus ikut diperhitungkan, sehingga:
Efek Doppler Pada Gelombang Elektromagnetik Efek Doppler Pada Gelombang Elektromagnetik, Rumus Fisika, Persamaan, Frekuensi, Cahaya
dengan v merupakan kelajuan sumber dan pengamat yang bergerak saling menjauhi. Bila v2/c2 lebih kecil dibandingkan dengan 1, dengan kata lain kalau kelajuan pemisahan lebih kecil dibandingkan dengan laju cahaya, persamaan (1) menjadi lebih sederhana, yaitu:
Efek Doppler Pada Gelombang Elektromagnetik Efek Doppler Pada Gelombang Elektromagnetik, Rumus Fisika, Persamaan, Frekuensi, Cahaya

Perlu diingat bahwa persamaan (1) dan (2) hanya berlaku untuk pengamat dan sumber yang saling menjauhi.

Anda kini sudah mengetahui Efek Doppler Pada Gelombang Elektromagnetik. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Budiyanto, J. 2009. Fisika : Untuk SMA/MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 298.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel