-->

Paket Lengkap Analisis Branding Seniman Kontemporer Dalam Art Fair-Artjog 2015


Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendapat info mengenai branding seniman kontemporer dalam Art Fair-ArtJog 2015 di Yogyakarta. Penelitian mengkaji merk equity berbasis merk management yang mencakup banyak sekali elemen menyerupai merk awareness, perceived quality, merk association dan merk loyalty.Teknik pengambilan subjek penelitian yaitu purposive sampling, dengan kriteria: 1) Seniman kontemporer; 2) Menjual karya; 3) Peserta pekan raya ArtJog. Kriteria informan utama yang dipilih sebanyak empat orang yang berlatar belakang genre terkait seni rupa, menyerupai seniman lukis dan patung, seniman instalasi (kolase), seniman fotografi dan seniman ‘performance art’. Narasumber pendukung sebanyak dua orang guna mengetahui info dalam konteks ArtJog dan pasar seni rupa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu wawancara, serta teknik analisa data yang dipakai yaitu deskriptif kualitatif dengan metode perbandingan tetap atau constant comparative method. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: ArtJog menjadi medium branding seniman, keikutsertaan ArtJog berfungsi sebagai ruang promosi, meniti karir kesenimanan, menjual karya, mendapat commission work dan mempresentasikan proyek-proyek seni. Kesadaran merek, bagi seniman merupakan kesadaran akan tema dan nilai-nilai yang termuat dalam karya-karyanya, seringkali dinamis, mereka lebih mengandalkan naluri, kendati pun tak masuk akal, kadangkala ekstrim seluruh ciptaannya bukan saja diterima tetapi dengan rendah hati dipelajari. Asosiasi merek tidak harus membuat kesan positif, alasannya yaitu produk seni dan perilaku seniman banyak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku. Persepsi kualitas yang dibangun para seniman lebih menekankan daya produktivitasnya, semakin produktif akan berpeluang menghasilkan karya berkualitas.
Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Brand Equity, Seniman Kontemporer, ArtJog
Penulis: Maulana Ilham Al-Anshory
Kode Jurnal: jpmanajemendd170350

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel