Paket Lengkap Analisis Imbas Doktrin Pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) Yang Diadopsi Oleh Umkm: Perspektif Model Delone & Mclean
Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji dampak kepercayaan (trust) pada penggunaan media pemasaran online (e-commerce) yang diadopsi oleh UMKM melalui evaluasi model kesuksesan sistem gosip Delone & McLean (2003). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memperlihatkan bukti empiris wacana model kesuksesan sistem gosip Delone & McLean (2003) dalam kaitannya pada penggunaan media pemasaran online (e-commerce). Populasinya yaitu seluruh pimpinan atau pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palopo. Sampel pada penelitian ini diambil dengan memakai metode non probability yaitu dengan tekhnik pendekatan purposive sampling dengan pertimbangan bahwa sampel dipilih menurut tujuan penelitian yaitu sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memakai sistem pemasaran berbasis online (e-commerce). Ukuran sampel diambil sebanyak 200 sampel, dengan pertimbangan sampel minimal untuk Struktural Equation Model (SEM) yaitu 100 sampel dan tingkat kesalahan sebesar 5%. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini memakai teknik struktural equation model (SEM) melalui pendekatan Partial Least Squares (PLS-SEM) dengan dukungan software SmartPLS 3.Hasil penelitian menujukkan bahwa konstruk trust ternyata bisa berperan baik secara eksklusif maupun sebagai variabel mediasi pada penggunaan media pemasaran online (e-commerce) yang diadopsi oleh UMKM melalui evaluasi model kesuksesan sistem gosip Delone & McLean (2003). Pengaruh information quality, system quality, dan service quality, terhadap user satisfaction yang dimediasi oleh trust ketiganya mempunyai efek tidak eksklusif (indirect effect) positif dan signifikan. Sedangkan trust kuat positif dan signifikan secara eksklusif terhadap user satisfaction dan trust kuat positif signifikan secara tidak eksklusif terhadap benefit yang dimediasi oleh user satisfaction. Hasil penelitian berikutnya bisa memperlihatkan dukungan empiris terhadap model kesuksesan sistem gosip DeLone and McLean dengan mengkombinasikan konstruk trust ternyata bisa menggambarkan fenomena penggunaan sistem pemasaran online (e-commerce) bagi UMKM di Kota Palopo. Dimana dari enam belashipotesis yang diajukan hanya enam yang ditolak dan sepuluh hipotesis lainnya diterima.
Kata Kunci: Model DeLone and McLean, Trust, Benefit, e-commerce, UMKM
Penulis: Rahmad Solling Hamid, Muhammad Ikbal
Kode Jurnal: jpmanajemendd170327