Paket Lengkap Analisis Sikap User Pada Pemanfaatan Layanan Pemesanan Tiket Online Pada Aplikasi Mobile (Prespektif Dogma Dan Resiko Oleh Konsumen)
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa pengaruh empat elemen “trust’, “risk” “perceived usefulness” dan “ease of use” terhadap sikap konsumen dalam mengadopsi teknologi kendaraan beroda empat untuk pemesanan tiket secara online. Penelitian ini penting dilakukan dalam rangka memahami teladan kekerabatan antara elemen “trusk” dan “risk” yang menghipnotis sikap konsumen di Indonesia dalam memanfaatkan layanan M-Commerce. Sebuah model penelitian dan lima buah hipoteses dikembangkan dalam penelitian ini. Model dan hipoteses kemudian diuji dan divalidasi memakai data yang diperoleh dari sebuah survey yang dilaksanakan secara online. Penyebaran kuesioner secara online dilakukan melalui aplikasi media sosial. Dari 110 kuesioner yang diisi oleh responden sebanyak 95 kuesioner dinyatakan valid dan dipakai untuk dianalisis lebih lanjut. Data yang diperoleh dianalisis memakai Partial Least Square (PLS) memanfaatkan perangkat lunak Smart PLS V2. Hasil dari pengolahan data mengindikasikan bahwa elemen “perceived usefulness” dan “esae of use”mempunyai imbas yang positif terhadap acara konsumen dalam memakai teknologi kendaraan beroda empat untuk pemesanan tiket online, penelitian juga menemukan kekerabatan antara elmen “trust” dan elemen “risk”. Namun penelitian ini tidak menemukan kekerabatan yang signifikan antara elemen “risk” dengan perilaku konsumen dalam memakai aplikasi mobile.
Kata kunci: Perilaku Pengguna, Mobile Commerce, Resiko, Kepercayaan, Technology Acceptance Model (TAM)
Penulis: Setiawan Assegaff
Kode Jurnal: jpmanajemendd170317