-->

Paket Lengkap Efek Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada Pt Bank Central Asia Kurun Tahun 2010-2015


ABSTRAK: Corporate Social Responsibility yaitu kesepakatan perusahaan untuk menawarkan bantuan jangka panjang terhadap satu issue tertentu di masyarakat atau lingkungan untuk sanggup membuat lingkungan yang lebih baik. Profitabilitas yaitu kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak agenda Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Return On Equity (ROE) dan Return On Investmenst (ROI) pada PT Bank Central Asia periode tahun 2010-2015. Metode penelitian yaitu asosiatif kausal. Analisis data penelitian memakai regresi linier sederhana. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa adanya dampak negatif signifikan antara variabel independen CSR terhadap Variabel dependen ROE dengan nilai thitung sebesar -3.722 pada tingkat signifikasi 0.020. Pengaruh yang negatif alasannya yaitu nilai thitung negatif. Dengan kata lain apabila PT. Bank Central Asia meningkatkan agenda Corporate Social Responsibility(CSR) maka akan menurunkan nilai Return On Equity (ROE). Besar dampak yang sanggup dijelaskan variabel CSR terhadap Variabel ROE yaitu 0.720 atau 72.0% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel diluar penelitian. Sedangkan hasil penelitian untuk dampak CSR terhadap ROI, ditemukan bahwa tidak adanya dampak signifikan antara variabel independen CSR dan variabel dependen ROI, namun dampak yang ditimbulkan bersifat positif, dengan nilai thitung 2.206 pada tingkat signifikasi sebesar 0.092, dimana kalau perusahaan meningkatkan CSR, maka nilai ROI akan bertambah.
Kata Kunci: Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Return On Equity, Return On Investment
Penulis: Prichilia Rumengan, Grace B. Nangoi, Sinjte Rondonuwu
Kode Jurnal: jpmanajemendd170460

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel