Paket Lengkap Analisis Metode Pembelajaran, Lingkungan Sekolah, Prestasi Berguru Motivasi Belajar, (Studi Kasus Pada Penerima Didik Kelas Ix Smp Negeri 2 Boja)
ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran dan lingkungan sekolah terhadap prestasi berguru penerima didik dengan motivasi berguru sebagai variabel mediasi. Populasi dari penelitian ini ialah seluruh penerima didik kelas IX pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Boja yang berjumlah 249 orang. Adapun sampelnya diambil sebanyak 153 dengan rumus Slovin. Metode pengolahan data memakai regresi berganda dengan SPSS 17.0. Hasil pengujian hipotesis menawarkan bahwa, metode pembelajaran kuat faktual dan signifikan terhadap motivasi belajar. Lingkungan sekolah kuat faktual dan signifikan terhadap motivasi belajar. Motivasi berguru kuat faktual dan signifikan terhadap prestasi belajar. Metode pembelajaran kuat faktual dan signifikan terhadap prestasi belajar. Lingkungan sekolah kuat faktual dan signifikan terhadap prestasi belajar. Hasil analisis variabel mediasi dengan memakai uji Sobel, menyimpulkan bahwa motivasi berguru sanggup memediasi imbas metode pembelajaran terhadap prestasi belajar. Motivasi berguru sanggup memediasi imbas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Penulis: Titi Purwatiningsih, Tukijan
Kode Jurnal: jpmanajemendd170265