Paket Lengkap Dampak Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, Dan Jenis Industri Terhadap Underpricing Ketika Ipo Di Bei
ABSTRACT: Underpricing yakni harga saham perdana dibawah harga pasar atau harga saham pada pasar sekunder lebih tinggi daripada harga saham pada pasar perdana dimana investor tertarik untuk membeli. Underpricing dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu reputasi underwriter, ukuran perusahaan, dan jenis industri dengan tujuan untuk mengetahui dampak reputasi underwriter, ukuran perusahaan, dan jenis industri terhadap underpricing ketika IPO di BEI. Jumlah sampel yang dipakai berjumlah 61 perusahaan dan dikumpulkan melalui metode non probability sampling, yaitu memakai purposive sampling. Teknik analisis data memakai regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data, reputasi underwriter dan ukuran besar lengan berkuasa negatif signifikan terhadap underpricing, sedangkan jenis industri tidak besar lengan berkuasa terhadap underpricing. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa semakin tinggi reputasi underwriter dan ukuran perusahaan, maka underpricing pada perusahaan menjadi rendah. Berbeda dengan jenis industri yang tidak mempunyai dampak terhadap underpricing.
KEYWORDS: Underpricing; Reputasi Underwriter; Ukuran Perusahaan
Penulis: I Putu Eddy Pratama Putra
Kode Jurnal: jpmanajemendd170066