-->

Paket Lengkap Kepuasan Pasien Diabetes Melitus Rujuk Balik Penerima Bpjs Kesehatan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Klinik Dan Apotek Kota Yogyakarta


Abstract: Pelayanan kegiatan rujuk balik merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penerima BPJS Kesehatan penderita penyakit kronis diantaranya penyakit diabetes melitus yang sudah stabil/terkontrol, namun masih memerlukan asuhan keperawatan dan pengobatan dalam jangka panjang yang diberikan di akomodasi kesehatan tingkat pertama.Kepuasan pasien akan menghipnotis keberlangsungan program-program dalam sistem JKN. Faktor-faktor yang bekerjasama dengan kepuasan antara lain pelayanan kefarmasian dan karakteristik pasien. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan pelayanan kefarmasian dan karakteristik pasien terhadap kepuasan pasien rujuk balik diabetes melitus penerima BPJS Kesehatan di klinik dan apotek Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain survey cross sectional. Data diambil secara kuantitatif dengan memakai kuisioner dan dilengkapi dengan data kualitatif melalui wawancara untuk memperdalam temuan di lapangan. Teknik sampling yang dipakai yaitu purposive sampling untuk klinik dan apotek rujuk balik danjumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dianalisis memakai uji Chi-square untuk melihat hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan dan regresi linear untuk melihat hubungan pelayanan kefarmasian dengan kepuasan. Pelayanan kefarmasian yaitu kemudahan akses, ketersediaan obat, dan hubungan pasien dengan apoteker mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai signifikansi (p) berturut-turut: 0,031; 0,027; dan 0,003. Karakteristik pasien yang mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kepuasan pasien yaitu pekerjaan (p=0,015). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pelayanan kefarmasian mencakup kemudahan akses,ketersediaan obat, dan hubungan pasien dengan apoteker, dan karakteristik pasien yaitu pekerjaan, mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien rujuk balik diabetes diabetes melitus penerima BPJS Kesehatan di klinik dan apotek Kota Yogyakarta.
Kata kunci: kepuasan pasien, diabetes melitus, klinik dan apotek kegiatan rujuk balik, BPJS Kesehatan
Penulis: Hilda S
Kode Jurnal: jpfarmasidd150689

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel