-->

Paket Lengkap Analisis Kepuasan Konsumen Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Dan Sikap Word Of Mouth Konsumen Obat Herbal An Nuur


ABSTRAK: Meningkatnya minat masyarakat untuk memakai herbal mengakibatkan meningkatnya jumlah produsen obat herbal sehingga persaingan menjadi semakin tajam. Konsep pemasaran menyatakan bahwa perusahaan harus berupaya memuaskan konsumennyaagar sanggup menguntungkan perusahaan. Konsumen yang puas akan loyal kepada produk atau perusahaan, kemudian akan melaksanakan pembelian ulang pada waktu yang akan datang, dan lebih penting lagi mereka akan melaksanakan acara word of mouth perihal produk tersebut kepada orang-orang terdekat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, dampak kepuasan konsumen terhadap sikap word of mouth konsumen, dan dampak loyalitas konsumen terhadap sikap word of mouth konsumen, pada konsumen obat herbal An Nuur di Kota Yogyakarta.
Penelitian dilakukan dengan cara survey memakai alat ukur berupa kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan desain non probability sampling melalui mekanisme purposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan November 2011 hingga bulan Mei 2012, dengan total jumlah sampel sebanyak 65 responden. Kriteria responden yang dipilih yaitu pernah memakai obat herbal An Nuur minimal 3 kali, membeli obat herbal An Nuur di tempat-tempat penjualan yang berlokasi di kota Yogyakarta, berumur di atas 17 tahun, dan bersedia menjadi responden. Data kemudian dianalisis memakai analisis regresi linier untuk mengetahui relasi antar variabel. Pengujian hipotesis dilakukan memakai uji t.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kepuasan konsumen memperlihatkan dampak positif yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kemudahan dalam mengkonsumsi obat herbal An Nuur dipersepsikan paling tinggi oleh konsumen sedangkan fasilitas dalam memperoleh obat herbal An Nuur dipersepsikan paling rendah oleh konsumen. Kepuasan konsumen memperlihatkan dampak positif yang signifikan terhadap sikap word of mouth konsumen obat herbal An Nuur di kota Yogyakarta. Loyalitas konsumen memperlihatkan dampak positif yang signifikan terhadap sikap word of mouth konsumen obat herbal An Nuur di kota Yogyakarta. Loyalitas konsumen memperlihatkan dampak yang lebih besar daripada kepuasan konsumen terhadap sikap word of mouth konsumen obat herbal An Nuur di kota Yogyakarta.
Kata kunci: Kepuasan, loyalitas, word of mouth, An Nuur
Penulis: Rahmania Hidayati, Sampurno, Djoko Wahyono
Kode Jurnal: jpfarmasidd120362

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel