Paket Lengkap Analisis Kinerja Unit Pelaksana Teknis Penyelenggara Jaminan Kesehatan Tempat Kota Yogyakarta Dengan Pendekatan Balanced Scorecard
ABSTRAK: Pengukuran kinerja terhadap Unit Pelaksana Teknis Penyelenggara Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dilakukan secara komprehensif dengan pendekatan Balanced Scorecard melalui empat perspektif yaitu customer and stakeholders, fnancial, internal business processes, dan employees and organization capacity sehingga pencapaian kinerja yang telah dilakukan sanggup diketahui.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, studi masalah non eksperimen. data diperoleh dari data kuantitatif (kuesioner pertanyaan tertutup dengan sistem skala likert, dan laporan keuangan UPT PJKD Kota Yogyakarta) dan kualitatif. Sampel diambil secara purposive sampling, dengan kriteria untuk responden customers yang dipakai (Naban) sebanyak 100 orang, dan employees terdiri dan petugas UPTD PJKD Kota Yogyakarta.
Hasil penelitian diperoleh untuk Perspektif Customers and Stakeholders, nilai gap 5 terendah yakni pada dimensi Responsiveness -0,57, sedangkan tingkat Empathy 3,17 memperlihatkan bahwa Kantor UPT PJKD telah menawarkan kualitas layanan memuaskan. Perspektif Financial memperlihatkan realisasi pembayaran Reimbursement oleh UPT PJKD Kota Yogyakarta Tahun 2010 yakni sebesar Rp. 132.734.000,-. Perspektif Internal Business Processes diperoleh rata-rata waktu tunggu layanan manajemen 30-60 menit, dan rata-rata waktu yang diharapkan untuk memperoleh dana reimbursement 1 ahad sampai 1 bulan. Perspektif Employees and Organization Capacity memperlihatkan bahwa rata-rata nilai Human Capital, Information Capital dan Organization Capital petugas UPTD PJKD Kota Yogyakarta antara 60% - 80% dan yang diharapkan.
Kata kunci: Analisis Kinerja, Badan Pengelola, Jaminan Kesehatan Daerah, Balanced Scorecard
Penulis: Lamlay Sarie, Achmad Fudholi dan Satibi
Kode Jurnal: jpfarmasidd110245
