Paket Lengkap Analisis Perpindahan Merek Hand&Body Lotion Pada Perempuan : Studi Perkara Pada Mahasiswi Fakultas Farmasi Ugm
ABSTRAK: Penyebab terjadinya perpindahan merek antara lain ketidakpuasan, impian mencari variasi dan efek promosi. Jenis penelitian ini ialah penelitian asosiatif yakni adanya hubungan antara ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi dan efek promosi terhadap merek Hand&Body Lotion sehingga terjadi perpindahan merek Hand&Body Lotion.
Lokasi penelitian dilaksanakan di Fakultas Farmasi UGM dengan sampel mahasiswi Farmasi UGM yang sedang menempuh Strata 1(S1), Profesi Apoteker dan Magister (S2) sebanyak 200 orang. Teknik penentuan sampel secara non probabilitas yang dipakai ialah purposif sampling atau pengambilan sampel berdasar kriteria, yakni mahasiswi Fakultas Farmasi dan memakai Hand&Body Lotion selama 6 bulan. Metode pengambilan data yang gunakan ialah kuesioner. Metode analisis yang dipakai ialah metode regresi berganda.
Hasil yang didapatkan ialah Y = -1,551 + 0,182X1 + 0,189X2 + 0,215X3 dimana Y ialah perpindahan merek, X1 ialah ketidakpuasan konsumen, X2 kebutuhan mencari variasi dan X3 efek promosi. Persamaan tersebut sanggup diartikan bahwa ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi produk dan promosi produk kuat signifkan terhadap Keputusan Perpindahan Merek pada Hand&Body Lotion (p<0,05). Variabel promosi mempunyai efek paling besar terhadap Keputusan Perpindahan Merek oleh konsumen diantara variabel bebas lainnya yang diteliti yaitu sebesar 0,215. Kemudian berturut-turut ialah variabel impian mencari variasi sebesar 0,189; variable iklan sebesar 0,182.
Kata kunci: Perpindahan Merek, Ketidakpuasan, Variasi, Promosi
Penulis: Tia Aningtyas
Kode Jurnal: jpfarmasidd120344
