Paket Lengkap Analisis Taktik Peningkatan Mutu Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit
ABSTRAK: Instalasi Farmasi Swadana Rumah Sakit Tentara (IFS RST) Semarang memiliki lokasi yang strategis dengan harga obat bersaing, namun masyarakat umum yang berobat masih tergolong sedikit kalau dibandingkan dengan para pesaingnya. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui faktor internal dan eksternal serta mengevaluasi mutu pelayanan di IFS RST. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental, memakai metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif mencakup pengukuran kepuasan pasien dengan metode SERVQUAL, usang waktu pelayanan resep, dan mekanisme tetap. Penelitian kualitatif yaitu menganalisis kondisi internal dan eksternal. Hasil penelitian ini dirumuskan dalam matrik SWOT yang dipakai sebagai masukan untuk perencanaan taktik guna meningkatkan mutu pelayanan IFS RST.
Dari hasil penelitian mutu pelayanan menurut tiga indikator diketahui adanya ketidakpuasan baik pasien rawat jalan maupun tenaga medis dan paramedis di Rumah Sakit Tentara (RST) dibuktikan dengan hasil gap negatif pada semua dimensi kuesioner. Waktu pelayanan resep telah sesuai dengan standar pelayanan. IFS RST belum memiliki mekanisme tetap pelayanan tertulis. Hasil penelitian analisis SWOT dari RST didapatkan kekuatan berupa letak yang strategis dan harga bersaing, kelemahan berupa kurangnya jumlah dan kualitas SDM, peluang berupa kesempatan dari pemerintah untuk sanggup melaksanakan pelayanan umum, serta bahaya berupa persaingan perjuangan yang semakin ketat. Upaya yang sanggup dilakukan oleh pihak IFS RST yaitu meningkatkan jangkauan dan cakupan pelayanan melalui promosi dan penyuluhan serta meningkatkan kualitas pelayanan, melengkapi sarana fisik serta meningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan.
Kata Kunci: SWOT, SERVQUAL, Instalasi farmasi
Penulis: Naniek Widyaningrum
Kode Jurnal: jpfarmasidd130463
