-->

Paket Lengkap Efektivitas Edukasi Kelompok Oleh Apotekerterhadap Kepatuhan Dan Outcome Klinik Pasien Diabetes Melitus


Abstract: Edukasi merupakan salah satu pilar pengelolaan diabetes melitus (DM) yang bertujuan menunjukkan pemahaman mengenai  penyakit, pencegahan, penyulit, dan penatalaksanaan DM kepada pasien dan keluarganya. Apoteker merupakan salah satu tenaga kesehatan yang turut mempunyai tanggung jawab dalam meningkatkan kepatuhan pasien terhadap pengobatan salah satunya melalui edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas derma edukasi secara kelompok  dilihat dari kepatuhan dan outcome klinik pasien DM tipe 2 rawat jalan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Penelitian eksperimental selama7 bulan di Poliklinik Endokrin RSUP Dr. Sardjito pada bulan Desember 2012 – Juni 2013 dengan sampel 26 pasien kelompok intervensi dan 28 pasien kelompok kontrol. Kelompok intervensi dibagi dalam 10 kelompok yang terdiri atas 2-3 pasien/kelompok yang menerima edukasi dari apoteker. Pengukuran skor kepatuhan dilakukan dengan Morinsky Medication Adherence Scale dan outcome klinik diukur dengan perubahan nilai HbA1c sesaat sebelum edukasi dan sehabis 3 bulan. Analisis kuantitatif dilakukan dengan memakai paired t test, independent t test, dan linear regression. Edukasi apoteker secara kelompok sanggup meningkatkan kepatuhan pasien DM tipe 2 rawat jalan di RSUP Dr. Sardjito terhadap pengobatan dan memperbaiki kontrol glikemik kelompok intervensi dibandingkan dengan kelompokkontrol dengan masing-masingnilai p ialah 0,023(p<0,05) dan 0,010 (p<0,05). Selain itu, kepatuhan pasien kuat terhadap perbaikan kontrol glikemik (HbA1c) dengan nilai p 0,002 (p<0,05).
Kata Kunci: edukasi kelompok, kepatuhan, HbA1c
Penulis: Intan Rahmania Eka Dini
Kode Jurnal: jpfarmasidd130448

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel