-->

Paket Lengkap Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Bidan Di Poskesdes


ABSTRAK: Pelayanan kebidanan yakni bab integral dari sistem pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bidan yang telah terdaftar (teregistrasi) yang sanggup dilakukan secara mandiri, kerja sama atau rujukan. Pelayanan kesehatan yang bermutu semakin diharapkan dalam memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat. Bidan memang harus memuaskan pelanggan, alasannya yakni jikalau pelanggan tidak dipuas pelanggan akan meninggalkan dan menjadi pelanggan pesaing untuk mendapat pelayanan yang diharapkan, hal ini akan menurunkan keuntungan dan bahkan menimbulkan kerugian. Oleh lantaran itu, bidan desa diharapkan untuk selalu konsisten pada perannya, terutama kuantitas dan kualitas pelayanan dalam upaya memuaskan kebutuhan dan harapan pasien. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui kepuasan pasien KIA yang kunjungan ke bidan di desa pucangan. Metode penelitian : Penelitian yang dilakukan dengan analitik observasional dengan memakai pendekatan  cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yakni adalah pasien KIA yamg memeriksakan diri diBidan Desa Pucangan dengan 34 pasien KIA, dengan teknik sampling aksidental dan analisa data dengan Kuesioner. Hasil Penelitian : Responden yang paling banyak yakni responden yang melaksanakan kunjungan tetap dengan kepuasan pelayanan bidan cukup yaitu 22 responden (64,7%), Hasil perhitungan chi square dengan α = 0,05, diperoleh nilai p value 0.000 < 0.005, berarti Ha diterima dan Ho ditolak.  Kesimpulan : Dari penelitian ini sanggup disimpulkan bahwa ada korelasi kepuasan pelayanan bidan desa dengan kunjungan pasien KIA.
Kata Kunci: Kepuasan, pelayanan, bidan
Penulis: Allania Hanung, Tinah, Ayu Rosita Fidianata
Kode Jurnal: jpkebidanandd180068

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel