Paket Lengkap Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Akseptor Bpjs (Studi Di Puskesmas Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang)
ABSTRACT: Kesadaran masyarakat akan kesehatan menjadikan tuntutan peningkatan pelayanan kesehatan.Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan setiap pasien. Ketidakpuasan pasien timbul alasannya yakni terjadi kesenjangan antara impian pasien dengan kinerja layanan kesehatan yang dirasakan sewaktu memakai layanan kesehatan.Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui korelasi mutu pelayanan kesehatan pasien rawat jalan akseptor BPJS. Metode Penelitian: Penelitian ini memakai metode survey analitic. Sedangkan rancangan penelitian memakai cross sectional. Populasi diambil dari seluruh pasien rawat jalan pengguna BPJS di Puskesmas Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang yang diambil rata-rata dari 6 bulan sejumlah 1.038 responden. Sampel dari penelitian ini berjumlah 104 responden. Variabel independent yaitu mutu pelayanan kesehatan, dan variable dependent yaitu kepuasan pasien rawat jalan akseptor BPJS. Alat ukur yang dipakai dalam penelitian yakni kuesioner. Data lalu dianalisa uji statistic korelasi spearman dengan nilai r = 0,000 < α = 0,05.Hasil penelitian ini yakni hampir seluruh responden menilai mutu pelayanan kesehatan baik (90,4%) cukup baik (9,6%) dan kepuasan pasien BPJS puas (84,6%) yang tidak puas (15,4%).Hasil Penelitian: Hasil uji statistik korelasi spearman (r = 0,000 < α= 0,05) sehingga Ha diterima.Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini sanggup disimpulkan bahwa ada korelasi mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan akseptor BPJS.
Kata Kunci: BPJS, Kepuasan, Mutu Pelayanan
Penulis: Pipit Mei Candra, Pastria Sandra Dewi, Siti Shofiyah
Kode Jurnal: jpkebidanandd170380
