-->

Paket Lengkap Perumusan Taktik Instalasi Farmasi Untuk Peningkatan Kepuasan Stakeholder Rumah Sakit


ABSTRAK: Instalasi Farmasi Rumah Sakit Yukum Medical Centre (IFRS YMC) Lampung Tengah tidak lepas dari pengaruh persaingan bisnis yang ketat, sehingga perlu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan stakeholder terhadap pelayanan IFRS YMC dan merumuskan seni administrasi untuk meningkatkan kepuasan dari stakeholder. Penelitian bersifat deskriptif, dengan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan wawancara mendalam terhadap subyek penelitian, dan data kuantitatif diperoleh dari kuesioner kepuasan stakeholder, serta kepuasan dan semangat kerja karyawan IFRS. Dari data yang diperoleh, dilakukan analisis lingkungan internal dan eksternal yang dilanjutkan dengan analisis Strengths Weaknesses Opportunities Threats (SWOT). Hasil analisis SWOT dipakai sebagai dasar perumusan strategi, yang dilanjutkan dengan uji Quantitive Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk menyusun prioritas seni administrasi terpilih sebagai seni administrasi pengembangan IFRS YMC Lampung Tengah.
Hasil penelitian menawarkan bahwa IFRS YMC Lampung Tengah memiliki peluang yang lebih besar (skor rata-rata=1,36) dibandingkan bahaya (1,27), dan memiliki kekuatan yang lebih kecil (1,69) dibandingkan dengan kelemahannya (1,73). Strategi alternatif yang menjadi prioritas menurut hasil uji QSPM yaitu mengikuti perkembangan teknologi yang mendukung pelayanan di instalasi farmasi, mengikuti ratifikasi nasional atau internasional, meningkatkan kualitas sumber daya insan IFRS, dan menyusun standard operating prosedure secara tertulis untuk seluruh pelayanan di IFRS YMC Lampung Tengah.
Kata kunci: SWOT, QSPM, Instalasi Farmasi
Penulis: Destiana Eka Oktaviantari
Kode Jurnal: jpfarmasidd130454

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel