Paket Lengkap Tugas Media Massa Dalam Mempengaruhi Perilaku Terhadap Keikutsertaan Ber-“Keluarga Berencana” : Analisis Data Survei Demografi Dan Kesehatan Indonesia Tahun 2007
ABSTRAK: Sebagai upaya mendongkrak kembali informasi kegiatan KB, BKKBN telah mengambil kebijakan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) sebagai upaya promosi dan penggerakan masyarakat dalam meningkatkan usul terhadap kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tugas media massa dalam mempengaruhi perilaku terhadap keikutsertaan ber-KB. Penelitian dilakukan dengan memakai data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007. Lokasi penelitian diambil secara nasional, dengan populasi semua perempuan berusia 15-49 tahun, status kawin dan berdomisili di Indonesia. Penetapan informan menurut teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang dianalisis yakni 32.895 wanita. Analisa data dilakukan dengan uji statistik chi-square.
Hasil penelitian memberikan bahwa sebanyak 57,4% dari populasi perempuan pernah kawin memiliki perilaku kasatmata terhadap kegiatan KB dan menjadi akseptor KB dengan nilai p=0,005 (p value=0,000). Wanita pernah kawin yang terpapar pesan KB melalui media massa dan menjadi akseptor KB sejumlah 58,3%, dengan nilai p=0,005 (p value=0,000). Hubungan tugas media massa dalam mempengaruhi perilaku terhadap ke ikutsertaan ber-KB dilihat dengan variabel kontrol berupa tingkat pendidikan, kawasan tinggal, cita-cita punya anak lagi dan jumlah anak masih hidup yang masing-masing memiliki korelasi yang signifikan dengan nilai p=0,005 (p value=0,000). Televisi merupakan media yang paling banyak menyedot pemirsa. Diperlukan model promosi tersendiri untuk kalangan perempuan berpendidikan tinggi. Media lain yaitu promosi melalui tokoh agama/ masyarakat, dokter, bidan, dan kader KB sanggup dijadikan wahana memberikan pesan dan informasi. Perlu taktik pengulangan (redundancing) untuk mengingatkan pentingnya kegiatan KB kepada masyarakat. Pembuatan desain yang sempurna dalam mengkampanyekan dan menginformasikan kegiatan KB, perlu memperhatikan kecocokan antara jenis media dengan karakteristik geografis, waktu, dan jenis kontrasepsi.
Kata Kunci: media massa, sikap, keikutsertaan dalam kegiatan Keluarga Berencana
Penulis: Rohdhiana Sumariati
Kode Jurnal: jpfarmasidd130466
