-->

Paket Lengkap Dampak Penerapan Seni Administrasi Pembelajaran Spotlight Terhadap Hasil Berguru Biologi Siswa Kelas Vii Mtsn Pakan Rabaa Kabupaten Solok Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013


ABSTRAK: Kurangnya pemahaman siswa wacana bahan yang disampaikan oleh guru menjadikan rendahnya hasil berguru biologi. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil berguru biologi siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu penyebabnya yakni siswa kurang termotivasi untuk berguru alasannya yakni pembelajaran masih didominasi oleh guru sehingga siswa sering meribut dalam kelas, interaksi antara siswa dan guru tidak ada atau tidak adanya feedback antara guru dan siswa, dan bahan dirasakan sulit untuk dipahami. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan penerapan taktik pembelajaran Spotlight.
Jenis penelitian ini yakni eksperimen dengan memakai rancangan Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa Tahun Pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam pengambilan sampel yakni teknik purposive sampling dan yang terpilih sebagai kelas eksperimen yakni kelas VII A dan kelas kontrol VII B.
Instrumen dalam penelitian ini yakni tes hasil berguru siswa dan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 76,40 dan kelas kontrol 56,27. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh harga thitung = 6,47 > ttabel = 1,88 yang berarti hipotesis penelitian H1 diterima. Kaprikornus taktik pembelajaran Spotlight sanggup meningkatkan hasil berguru biologi siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa.
Kata Kunci: Spotlight, hasil belajar
Penulis: Yulia Ratna Sari
Kode Jurnal: jpkebidanandd170315

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel