-->

Paket Lengkap Metode Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray Meningkatkan Hasil Berguru Mahasiswa Diii Kebidanan Jember Poltekkes Kemenkes Malang Pada Mata Kuliah Mutu Pelayanan Kebidanan Dan Kebijakan Kesehatan


Abstrak: Partisipasi aktif mahasiswa melalui metode pembelajaran sanggup memilih hasil belajarnya. Proses pembelajaran pada perkuliahan sebagian besar berbentuk penyampaian searah sehingga hasilbelajarnya tidak maksimal. Salah satu metode pembelajaran yang sanggup mendorong partisipasi aktifmahasiswa ialah metode pembelajaran kooperatif model Two Stay To Stray. Penelitian ini bertujuanuntuk mengidentifikasi efek penerapan metode pembelajaran kooperatif model two stay two strayterhadap hasil berguru mahasiswa D III Kebidanan Jember Poltekkes Kemenkes Malang pada MataKuliah Mutu Pelayanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan. Desain penelitian memakai Pre Eksperimental Design dan bentuk desain Intact-Group Comparison. Populasinya ialah mahasiswa DIII Kebidanan Jember semester V tahun akademik 2016/2017 sejumlah 59 mahasiswa, pengambilansampel secara total sampling dengan tetapkan kriteria inklusi dan eksklusi diperoleh sejumlah 56sampel yang kemudian dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Penelitian inimenggunakan alat ukur dokumentasi. Analisis data memakai Mann-Whitney U-Test. Berdasarkanhasil penelitian didapatkan P value 0,00 < α (0,05) yang berarti H0 ditolak Hal ini berarti bahwa terdapat efek metode pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray terhadap hasil berguru mahasiswa secara signifikan. Peneliti berharap peneliti selanjutnya sanggup melanjutkan penelitian model Two Stay Two Stray dengan memakai desain yang berbeda meliputi ranah kognitif,psikomotor dan afektif.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif; Two Stay Two Stray; Hasil Belajar
Penulis: Dian Aby Restanty
Kode Jurnal: jpkebidanandd170127

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel