-->

Paket Lengkap Pengetahuan Dan Perilaku Masyarakat Dengan Kepuasan Pelayanan Kesehatan Jadwal Jamkesmas Di Kabupaten Seluma


ABSTRAK: Program Jamkesmas yakni suatu jadwal jaminan sosial yang diberikan kepada masyarakat miskin tanpa adanya kewajiban bagi masyarakat miskin untuk memperlihatkan donasi premi atau iuran, dimana dalam menentukannya dibutuhkan seleksi atau mean test. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui kekerabatan pengetahuan dan perilaku masyarakat dengan kepuasan pelayanan jadwal Jamkesmas di wilayah Puskesmas Air Periukan Tahun 2013.
Jenis penelitian bersifat survey analitik dengan metode cross sectional. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh penerima Jamkesmas yang melaksanakan kunjungan di wilayah Puskesmas Air Periukan Tahun 2012 yaitu sebanyak 508 orang, sedangkan Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling yaitu 128 orang. Analisis data dilakukan dengan memakai uji Chi Square.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa dari 35 penerima Jamkesmas yang memiliki pengetahuan kurang sebagian besar 27 (77,1%) merasa tidak puas dengan pelayanan Jamkesmas. Hasil Uji statistikmenunjukkan nilai p=0,002, < nilai α = 0.05 hal ini berarti ada kekerabatan yang bermakna antara pengetahuan masyarakat perihal pelayanan Jamkesmas dengan kepuasan pelayanan Jamkesmas di wilayah Puskesmas Air Periukan. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa dari 57 masyarakat penerima Jamkesmas yang memiliki mempunyai perilaku tidak mendukung sebagian besar 45 (78,9%) merasa tidak puas dengan pelayanan Jamkesmas.
Hasil Uji statistik memperlihatkan nilai p=0,00, < nilai α = 0.05 hal ini berarti ada kekerabatan yang bermakna antara perilaku masyarakat perihal pelayanan Jamkesmas dengan kepuasan pelayanan Jamkesmas.
Kata Kunci: Kepuasan Pelayanan Jamkesmas, Pengetahuan, Sikap
Penulis: Veby Fransisca Rozi , Sri Zuharni
Kode Jurnal: jpkebidanandd170317

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel