Paket Lengkap Meningkatkan Kompetensi Klinik Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Klinik Coc Dalam Pendidikan Kebidanan
ABSTRAK: Hasil mencar ilmu wacana praktik klinik kebidanan selama pendidikan bekerjasama secara bermakna dengan kinerja bidan dalam mengatakan asuhan kebidanan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualifikasi bidan yakni dengan menerapkan model Continuity of Care (CoC) dalam pendidikan klinik. Metode Penelitian : Rancangan penelitian ini yakni eksperimen semu. Penelitian ini melibatkan seluruh mahasiswa kebidanan tingkat selesai dari 2 institusi pendidikan bidan di Indonesia pada tahun akademik 2013/2014. Ada 54 mahasiswa dari satu institusi yang mengikuti praktik klinik selama 6 bulan dengan menerapkan model pembelajaran CoC dan 52 mahasiswa dari institusi lain sebagai kelompok kontrol yang menerapkan model pembelajaran klinik konvensional yaitu model sasaran kasus. Untuk menganalisis perbedaan kompetensi mahasiswa dalam asuhan kebidanan antara kedua kelompok memakai independent T-test dengan SPSS. Hasil dan pembahasan : Tidak terdapat perbedaan bermakna diantara kedua kelompok sebelum perlakuan. Terdapat perbedaan bermakna antara kedua kelompok sehabis praktik klinik (p < 0.01). Skor rata-rata mahasiswa dengan model CoC (96.69) lebih tinggi dibanding mahasiswa kelompok kontrol (88.17). Model pembelajaran CoC terbukti sebagai sebuah kesempatan mencar ilmu yang unik bagi mahasiswa untuk mencapai kompetensi asuhan kebidanan. Dengan pendampingan wanita dan membangun korelasi yang efektif memperlihatkan kepada mahasiswa suatu cara yang unik untuk memperoleh lebih banyak pengalaman aktual wacana tugas bidan. Tidak ada selesai hidup ibu dalam penelitian ini. Simpulan : Siswa yang mengikuti pembelajaran klinik model CoC lebih kompeten dalam asuhan kebidanan baik pada masa kehamilan, persalinan maupun nifas. Model pembelajaran CoC juga dapat meningkatkan status kesehatan perempuan.
Kata kunci: Pembelajaran klinik kebidanan, kompetensi asuhan kebidanan, filosofi asuhan kebidanan, Continuity of Care
Penulis: Yanti
Kode Jurnal: jpkebidanandd170272
