-->

Paket Lengkap Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Istri Dalam Pemilihan Kontrasepsi Alamiah Metode Ovulasi Billings (Mob)


Abstract: Metode ovulasi billings dikembangkan pada tahun 1950-an oleh dua orang dokter warga negara Australia, yaitu Drs.Evelyn dan John Billings. Di dunia, angka pengguna Metode Ovulasi Billings hanya 3,4% dari seluruh pasangan yang sudah menikah. Di Indonesia angka pengguna metode ovulasi billings sendiri belum diketahui sedangkan angka pengguna metode alamiah ialah 0,4% dari seluruh peserta KB. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui relasi antara pengetahuan dengan perilaku istri dalam pemilihan Metode Ovulasi Billings di Puskesmas Sungai Raya Dalam. Dalam penelitian ini memakai metode analitik relasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang dipakai ialah accidentally sampling dengan jumlah populasi 124 orang dan jumlah sampel sebanyak 31 orang yaitu seluruh peserta KB yang hadir di Puskesmas Sungai Raya Dalam. Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa sebagian besar dari responden yaitu 20 orang (65%) berpengetahuan kurang dan tidak menentukan Metode Ovulasi Billings. Sedangkan sangat sedikit responden yaitu 1 orang (3%) berpengetahuan baik dan menentukan Metode Ovulasi Billings. Dari hasil uji statistic yang telah dilakukan didapatkan x2 hitung (6,55) > dari x2 tabel (5,99) sehingga ada relasi yang signifikan antara pengetahuan dengan perilaku istri dalam pemilihan kontrasepsi alamiah metode ovulasi billings di Puskesmas Sungai Raya Dalam Tahun 2017. Kesimpulan peneliti yaitu pengetahuan peserta wacana Metode Ovulasi Billings perlu ditingkatkan. Puskesmas sanggup melaksanakan sosialisasi wacana Metode Ovulasi Billings biar tenaga kesehatan sanggup memperlihatkan klarifikasi yang lebih luas wacana Metode Ovulasi Billings kepada seluruh peserta KB.
Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Istri, Metode Ovulasi Billings
Penulis: Elise Putri, Megalina Limoy
Kode Jurnal: jpkebidanandd170136

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel