Paket Lengkap Perbedaan Pengetahuan Terkait Pencegahan Hiv/Aids Pada Siswa Smp Di Pesantren Dengan Sekolah Negeri Di Kota Bogor
ABSTRAK: Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan virus yang spesifik menyerang sistern kekebalan badan dan mengakibatkan penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) dan merupakan problem kesehatan sekaligus problem sosial. Siswa sekolah menengah pertama (SMP) termasuk kelompok yang memiliki kerentanan tinggi terhadap sikap berisiko HIV/AIDS alasannya yakni gampang sekali terpengaruh dengan lingkungan sekitarnya. Sekolah dan daerah tinggal merupakan bab yang penting dalam pembentukkan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengetahuan terkait pencegahan HIV/AIDS pada siswa SMP di pesantren dan sekolah negeri. Metode penelitian yaitu kuantitatif bersifat komparatif studi dengan pendekatan cross sectional, dilakukan kepada 140 responden yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu siswa Sekolah Menengah Pertama yang sekolah di pesantren dan sekolah negeri. Pengambilan sampel sekolah secara multistage random sampling dan pemilihan responden ditentukan secara proportional allocation. Penelitian dilakukan dari Maret–September 2016 memakai alat ukur kuisioner. Analisa menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian mengatakan tingkat pencapaian median pengetahuan responden di pesantren yaitu 84,00 lebih besar dibandingkan responden di sekolah negeri yaitu 78,00 dengan perbedaan yang bermakna dengan nilai P=0,033. Pertanyaan pada kuisioner yang paling banyak diketahui (dijawab benar) oleh responden yakni perihal penanganan HIV/AIDS. Sedangkan pertanyaan yang paling sedikit diketahui (dijawab salah) oleh responden adalah terkait pencegahan HIV/AIDS. Simpulan, pengetahuan yang lebih tinggi lebih banyak pada kelompok responden di pesantren. Terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan pada kedua kelompok. Diharapkan sosialisasi yang komprehensif terkait pencegahan HIV/AIDS di sekolah-sekolah dengan melibatkan tugas serta guru dan siswa.
Kata Kunci: AIDS, HIV, Pengetahuan, Siswa, Sikap
Penulis: Maya Astuti
Kode Jurnal: jpkebidanandd170156
