-->

Paket Lengkap Tugas Penerapan Model Pembelajaran Asuhan Bayi Gres Lahir Terintegrasi Terhadap Motivasi Dan Kompetensi Mahasiswa Serta Kepuasan Pasien Pada Praktik Klinik Kebidanan


ABSTRACT: Kualitas lulusan bidan dalam memperlihatkan asuhan bayi gres lahir  cenderung menurun dan belum sesuai impian masyarakat, perlu perbaikan kualitas dimulai dari proses pendidikan. Proses pembelajaran kebidanan ketika ini sebagian besar diberikan secara terpisah antara satu mata kuliah dengan mata kuliah lain sehingga mahasiswa bersikap pasif dan  tidak sanggup menjawab kebutuhan masyarakat yang holistik. Diperlukan model pembelajaran terintegrasi dengan mengintegrasikan  kebutuhan  masyarakat dan menyesuaikan dimensi fisiologis, psikologis, agama, budaya dengan kompetensi asuhan bayi gres lahir. Penelitian ini bertujuan menganalisis tugas penerapan model pembelajaran asuhan bayi gres lahir terintegrasi terhadap motivasi dan kompetensi mahasiswa serta kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan. Desain penelitian intervensi  dengan kuasi eksperimental one group pre- post- test design. Subjek penelitian 37 mahasiswa semester IV prodi D-III kebidanan UNS Surakarta. Subjek penelitian diberikan  pre-test untuk evaluasi awal dan  post-test setelah diberikan intervensi berupa kontribusi bahan model pembelajaran asuhan bayi gres lahir terintegrasi selama 4 minggu.Tes dilakukan untuk menilai motivasi dan kompetensi mahasiswa serta imbas asuhan yang diberikan oleh mahasiswa terhadap kepuasan pasien yang bayinya menerima asuhan bayi gres lahir dengan memakai kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan uji statistik memakai uji wilcoxon (median skor, rentang), untuk mengetahui korelasi antar variabel memakai uji spearman rho. Hasil analisis memperlihatkan terdapat perbedaan motivasi dan kompetensi mahasiswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran dengan median skor motivasi (52,0 vs 76,0, p<0,05). Jumlah mahasiswa yang kompeten sebelum dan setelah praktik klinik kebidanan (0 vs18). Efek peningkatan kompetensi mahasiswa besar lengan berkuasa 21,4% terhadap kepuasan pasien yang bayinya menerima asuhan oleh mahasiswa, 78,6 % dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan penelitian ini ialah terdapat imbas penerapan model pembelajaran asuhan bayi gres lahir terintegrasi terhadap motivasi dan kompetensi mahasiswa serta kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan namun  perlu dilakukan penelitian lanjut untuk mengetahui faktor lain yang memengaruhi kepuasan pasien.
KEYWORDS: Asuhan bayi gres lahir terintegrasi; kompetensi; kepuasan pasien; motivasi
Penulis: Julaecha, Anita Deborah Anwar, Rovina Ruslami, Farid Husin, Deni K Sunjaya, Achadiyani Achadiyani, Ishak Abdulhak
Kode Jurnal: jpkebidanandd160285

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel