-->

Paket Lengkap Dampak Implementasi Metode Persoalan Based Learningterhadap Hasil Mencar Ilmu Materikeluarga Berencana (Dalam Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi Dan Keluargaberencana I Pada Kegiatan Studi Kebidanan (D-Iii) Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi Ta.2014/2015)


ABSTRACT: Bidan memegang peranan penting dalam menawarkan pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam pelayanan Keluarga Berencana (KB). Salahsatu upaya yang sanggup dilakukan guna menghasilkan bidan yang berkualitas yakni dengan peningkatan kualitas jadwal pendidikan bidan melalui penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).Problem Based Learning (PBL) merupakan bab dari seni administrasi KBK yang memakai problem dunia aktual sebagai dasar pembelajaran penerima didik, sehingga dibutuhkan sanggup berpikir kritis, mempunyai keterampilan pemecahan masalah, serta memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari bahan perkuliahan. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui imbas implementasi PBL terhadap hasil mencar ilmu mahasiswa serta kaitannya dengan Indeks Prestasi Semester I, Self Directed Learning (SDL) dan kinerja tutor.Metode penelitian ini memakai rancangan pre-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif, memakai desain Intact Group Comparison, terdiri dari dua kelompok penelitian, yaitu kelompok perlakuan (PBL) dan kelompok kontrol (non PBL). Penelitian dilakukan di STIKes Jenderal Achmad Yani Cimahi pada bulan Februari−Maret 2015. Sampel sebanyak 120 mahasiswa Semester II, terbagi dalam 3 kelas, yang terdiri dari 1 kelas sebagai kelompok perlakuan dan 2 kelas sebagai kelompok kontrol. Analisis data melalui uji t tidak berpasangan, Mann-Whitney, regresi berganda, dan Korelasi Pearson. Kemaknaan hasil uji ditentukan menurut nilai p<0,05.Hasil penelitian memperlihatkan bahwaterdapat imbas metode PBL terhadap nilai ujian tulis bahan KB dengan mempertimbangkan faktor IP Semester sebelumnya (IP Semester I) (p=0,001), tidak terdapat imbas metode PBL terhadap SDL (p=0,548), tidak terdapat hubungan bermakna antara kinerja tutor dengan nilai ujian tulis bahan KB (p=0,360), terdapat hubungan bermakna antara kinerja tutor dengan kemampuan SDL mahasiswa (p<0,001), dengan nilai hubungan 0,559 yang memperlihatkan hubungan positif dengan kekuatan hubungan sedang.Simpulan bahwa Implementasi metode PBL kuat terhadap nilai ujian tulis, metode PBL tidak berafiliasi dengan kemampuan SDL mahasiswa, kinerja tutor tidak berafiliasi dengan nilai ujian tulis, namun berafiliasi dengan kemampuan SDL mahasiswa. Perlu disempurnakannya penerapan metode PBL pada bahan KB, serta meningkatkan pelaksanaan tutor pelatihan yang lebih optimal, intensif, dan berkesinambungan.
KEYWORDS: Hasil belajar; nilai ujian tulis; kinerja tutor; problem based learning; self directed- learning
Penulis: Rani Sumarni, Ponpon S Idjradinata, Ike Rostikawati Husein, Farid Husin, Tita H Madjid, Hadyana Sukandar
Kode Jurnal: jpkebidanandd160284

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel