Paket Lengkap Kekerabatan Kinerja Tutor Dan Kualitas Kasus Skenario Terhadap Keefektifan Kelompok Pada Metode Berguru Kasus Based Learning
ABSTRACT: Penggunaan metode Problem Based Learning (PBL) di Program Studi D-III Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Immanuel dirasakan belum memberi dampak yang kasatmata terhadap kemampuan mahasiswa. Kualitas masalah pada skenario dan kinerja tutor merupakan faktor penyebab yang kuat terhadap keefektifan kelompok dan berdampak pada pencapaian hasil prestasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis relasi kinerja tutor dan kualitas masalah pada skenario terhadap keefektifan kelompok pada metode berguru PBL. Metode penelitian ialah cross- sectional study terhadap 83 responden dari populasi mahasiswa semester III yang mengikuti pembelajaran PBL pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Persalinan, Bayi Baru Lahir, dan Kegawatdaruratan. Penelitian ini mengukur kinerja tutor, kualitas kasus, dan keefektifan kelompok menurut persepsi responden. Analisis data memakai uji chi-kuadrat untuk melihat ada tidaknya relasi dan regresi logistik untuk melihat faktor yang paling kuat terhadap keefektifan kelompok. Hasil penelitian mengatakan kinerja tutor yang baik menghasilkan keefektifan kelompok yakni 75% responden bekerja kelompok dengan efektif dan hanya 25% responden bekerja kurang efektif dengan nilai p<0,001 dan kualitas masalah yang baik menghasilkan keefektifan kelompok, yakni 73,2% responden bekerja kelompok dengan efektif dan hanya 26,8% responden bekerja dengan kurang efektif dengan nilai p<0,005. Kinerja tutor mempunyai ratio prevalence 5,750 pada IK 95% dengan interval 2,210−14,958. Hal ini dikarenakan tugas tutor dalam proses tutorial sebagai fasilitator dalam mengaktifkan kelompok sehingga memungkinkan kelompok sanggup berjalan efektif. Demikian juga problem dalam skenario merupakan pemicu dalam merangsang mahasiswa untuk berguru berafiliasi dan aktif. Simpulan pada penelitian ini ialah terdapat relasi antara kinerja tutor dan kualitas masalah pada skenario dengan keefektifan kelompok, dan relasi kinerja tutor lebih besar dibandingkan dengan kualitas masalah pada metode berguru PBL di Program DIII Kebidanan.
KEYWORDS: Keefektifan kelompok; kinerja tutor; kualitas kasus; problem based learning
Penulis: Imelda M.G Sianipar, Dany Hilmanto, Ike MP Siregar, Farid Husin, Endang Sutedja, Hadyana Sukandar
Kode Jurnal: jpkebidanandd160279
