Paket Lengkap Persepsi Dosen Perihal Kemampulaksanaan Penilaian 360° Dan Osce Sebagai Alat Penilaian Keterampilan Komunikasi
ABSTRACT: Komunikasi merupakan salah satu standar kompetensi yang harus dikuasai oleh lulusan Prodi Diploma III Kebidanan yang meliputi pengetahuan, keterampilan klinis, dan perilaku. Metode penilaian keterampilan komunikasi mahasiswa yang banyak dipakai yakni Objective Structure Clinical Examination (OSCE). Terdapat alternatif metode penilaian keterampilan komunikasi, yakni metode penilaian 360°.Mengingat metode penilaian 360° merupakan alat penilaian yang gres di institusi kesehatan di Indonesia terutama di institusi kebidanan, pengkajian terhadap kemampulaksanaan penilaian 360° dan OSCE ini perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampulaksanaan penilaian 360° dan OSCE sebagai alat penilaian keterampilan komunikasi. Rancangan Penelitian ini yakni kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam. Analisis data yang dilakukan dimulai dengan pembuatan catatan lapangan, transkripsi hasil wawancara, reduksi, koding, kategorisasi, tema, dan interpretasi data. Hasil penelitian didapatkan penguji dalam melakukan penilaian 360° yakni orang yang berinteraksi pribadi dengan yang dinilai pada dikala mahasiswa menawarkan asuhan terhadap pasien menyerupai dosen, CI lapangan, pasien, keluarga pasien, mahasiswa yang dinilai, dan sobat mahasiswa yang dinilai, sedangkan penguji OSCE yakni dosen dari pendidikan sesuai dengan bidang keilmuan. Penilaian OSCE dipengaruhi oleh perbedaan jumlah penguji, jumlah mahasiswa, dan jumlah kompetensi yang akan diuji. Durasi untuk mempersiapkan penilaian penilaian 360° sebagai alat penilaian keterampilan komunikasi singkat, tetapi durasi pelaksanaan ujian dengan metode penilaian 360° independen/tidak terbatas sesuai dengan kasus yang ditemukan, sedangkan waktu untuk mempersiapkan penilaian dengan metode OSCE usang dan waktu pelaksanaan penilaian ditentukan 5−10 menit setiap pojok uji. Dana operasional untuk melakukan penilaian 360° sebagai alat penilaian keterampilan komunikasi ekonomis, sedangkan untuk OSCE biayanya mahal. Sarana prasarana untuk melakukan penilaian 360° sebagai alat penilaian keterampilan komunikasi minim, sedangkan untuk melaksnakan OSCE banyak. Keberhasilan pelaksanaan sebuah metode penilaian apabila adanya ketersediaan sumber daya, biaya, waktu, dan logistik yang baik.
KEYWORDS: Evaluasi 360°; kemampulaksanaan; keterampilan komunikasi; persepsi; OSCE
Penulis: Mastiur Julianti, Tina Dewi Judistiani, Yuni Susanti Pratiwi, Dany Hilmanto, Farid Husin, Endang Sutedja
Kode Jurnal: jpkebidanandd160282
