Paket Lengkap Efektifitas Pendampingan Peer Group Terhadap Sikap Hidup Higienis Dan Sehat (Phbs) Basuh Tangan Pada Siswa Kelas 4 A Sd Negeri 03 Purwoyoso
Abstract: Sekolah mendukung pertumbuhan dan perkembangan alamiah seorang anak, alasannya yaitu di sekolah anak sanggup mempelajari banyak sekali pengetahuan, termasuk kesehatan. Salah satu dalam meningkatkan kesehatan di lingkungan sekolah dibuatlah suatu acara yang disebut UKS, dimana yang menjadi salah suatu kegitan UKS itu sendiri yakni PHBS basuh tangan.Penelitian ini bertujuan untuk duduk perkara identifikasi mengenai efektifitas pendampingan peer group terhadap sikap hidup higienis dan sehat (PHBS) basuh tangan siswa kelas 4 A SD Negeri Purwoyoso Semarang. Penelitian ini yaitu desain pra-eksperimentaldengan desain penelitan one group pretest post test desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 4 A di SD Negeri Purwoyoso dengan jumlah 30 siswa.Dan sampel yang diambil dengan teknik Non-Probability Sampling.Sampling jenuh (total sampling). Untuk mengetahui efektifitas pendampinganpeer group dalam menawarkan PHBS basuh tangan pada siswa kelas 4 A digunakanuji McNemar dengan memakai SPSS.Berdasarkan hasil analisis statistik (uji McNemar) didapatkan hasil p value sebesar 0.0001, lantaran nilai p value < 0.05 maka sanggup disimpulkan bahwa pendampingan peer group dalam mengajarkan PHBS basuh tangan memberi dampak yang sangat signifikan terhadap kemampuan mencuci tangan siswa. Hal ini dikarenakan anak usia sekolah yang berada pada tahap pertengahan atau usia 9-10 tahun mempunyai intensitaf yang paling tinggi dalam membuatkan acara sosial bersama kelompok sebayanya. Sehingga timbul kekerabatan atau pertolongan dari peer group yang sanggup membantu dalam mengatasi duduk perkara kesehatan.
Kata kunci: Peer group,Kemampuan PHBS basuh tangan, Anak SD
Penulis: Agnes Pujiastuti, Asti Nuraeni, Mamat Supriyono
Kode Jurnal: jpkebidanandd150537
