Paket Lengkap Edukasi Prenatal Dalam Upaya Peningkatan Breastfeeding Self Efficacy
Abstrak: Presentase sumbangan air susu ibu (ASI) langsung semakin menurun dengan meningkatnya umur bayi. Faktor utama ibu tidak memperlihatkan ASI secara langsung atau menghentikan sumbangan ASI sebelum waktunya alasannya ialah doktrin diri menyusui (breastfeeding self efficacy) yang rendah sehingga ibu merasa tidak memiliki kecukupan produksi ASI untuk memenuhi kebutuhan bayi. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan imbas edukasi ASI prenatal terhadap breastfeeding self efficacy. Rancangan penelitian post test only control group design. Populasinya ialah semua ibu hamil trimester ketiga yang tercatat di wilayah kerja puskesmas Kepanjen Kidul Kota Blitar. 40 sampel diambil dengan purposive sampling dan dibagi menjadi responden kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan simple random sampling. Kelompok intervensi diberikan edukasi laktasi pada masa kehamilan. Edukasi dilengkapi dengan mendatangkan ibu yang telah berhasil menyusui langsung (pemberi testimoni) untuk membuatkan cerita/pengalaman menyusui, selanjutnya semua responden diukur tingkat breastfeeding self efficacy dengan BSES-SF pada rentang antara hari kedua hingga dua ahad postpartum. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-ratabreastfeeding self efficacy pada kelompok perlakuan 61,15±5,566 dan pada kelompok kontrol 49,85±9,438.Analisa data dengan independent t test memperlihatkan ada imbas edukasi prenatal terhadap breastfeedingself efficacy (p=0,000, < 0,05). Diharapkan edukasi prenatal wacana laktasi yang menghadirkan pemberi testimoni menyusui selalu diberikan pada masa kehamilan untuk meningkatkan doktrin diri menyusui ibu.
Kata Kunci: edukasi prenatal, doktrin diri menyusui
Penulis: Ulfa Husnul Fata, Anita Rahmawati
Kode Jurnal: jpkebidanandd160365
