Paket Lengkap Penggunaan Gambar Berseri Sebagai Media Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Teks Mekanisme Pada Siswa S1 Keperawatan Stikes Patria Husada Blitar
Abstrak: Bahasa Inggris menjadi hal yang paling penting dalam menghadapi informasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) khususnya di sektor kesehatan lantaran bahasa Inggris yakni salah satu bahasa internasional di asean. Jadi, mempersiapkan tenaga medis dengan kemampuan bahasa Inggris merupakan dilema besar yang harus diselesaikan. Penelitian ini dimaksudkan untuk memakai gambar berseri sebagai media untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Desain penelitian yang dipakai yakni penelitian tindakan kelas secara kolaborasi. Kolaborasi dilakukan oleh tiga guru bahasa Inggris di STIKes Patria Husada Blitar. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam satu siklus yang melibatkan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Peneliti memperoleh data dalam bentuk keterlibatan siswa selama mengajar acara pembelajaran dan produk menulis. Untuk mendapat data tersebut, peneliti memakai beberapa instrumen; produk goresan pena siswa,dan catatan lapangan.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memakai gambar berseri sebagai media siswa sanggup menulis teks mekanisme jauh lebih baik dari dikala memakai metode terjemahan tata bahasa tradisional. Dalam hal produk goresan pena individu siswa, pada studi pendahuluan, jumlah siswa yang lulus standard minimal kelulusan (64) hanya 2 siswa (9,1%). Setelah itu, dalam Siklus 1, semua 22 siswa (100%) bisa lulus standard minimal kelulusan (64). Peningkatan kemampuan menulis siswa disebabkan oleh penggunaan gambar seri sebagai media dalam pengajaran menulis yang terdiri dari beberapa acara untuk siswa sehingga meningkatkan antusiasme siswa dalam berpartisipasi di kelas. Disarankan untuk dosen dan/atau guru untuk menerapkan dan memodifikasi teknik ini di kelas mereka.
Kata Kunci: gambar berseri, keterampilan menulis Penulis: Wahyu Wibisono
Kode Jurnal: jpkebidanandd160353
