-->

Paket Lengkap Perbedaan Kualitas Soft Skill Mahasiswa Sebelum Dan Setelah Pembinaan Administrasi Diri


ABSTRACT: Institusi pendidikan bidan bertujuan mencetak lulusan bidan yang mempunyai kemampuan baik secara akademik maupun non akademik dan siap kerja. Berbagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa sampai dikala ini belum memuaskan. Salah satu cara meningkatkan kualitas soft skill mahasiswa yaitu dengan training administrasi diri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan kualitas soft skill dari aspek komunikasi, kepemimpinan, dan sopan santun mahasiswa sebelum dan setelah diberikan training administrasi diri. Penelitian ini memakai metode eksperimental dengan desain one group pre-test and post-test design. Populasi penelitian mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan yang teridentifikasi nilai soft skill rendah berjumlah 47 orang. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Pengukuran soft skill memakai kuesioner. Hasil analisis penelitian kualitas soft skill mahasiswa sebelum dan setelah diberikan training menunjukkan perbedaan bermakna (p<0,001). Hasil analisis paired t-test untuk aspek komunikasi diperoleh nilai p<0,001 dan uji Wilcoxon untuk aspek kepemimpinan dan sopan santun diperoleh nilai p<0,001. Simpulan penelitian ini yaitu soft skill aspek kepemimpinan mengalami peningkatan skor yang lebih tinggi sebesar 36,4%, soft skill aspek sopan santun menerima peningkatan skor 27,2%, sedangkan soft skill aspek komunikasi hanya meningkat 21,0%
KEYWORDS: Kualitas soft skill; administrasi diri; pelatihan
Penulis: Erni Hernawati, Ponpon S. Idjradinata, Ike Rostikawati Husen, Farid Husin, Firman F. Wirakusumah, Muhammad Nurhalim Shahib, Dewi M.D Herawati
Kode Jurnal: jpkebidanandd150460

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel