-->

Paket Lengkap Analisis Imbas Pengetahuan Suami Pus Terhadap Kesadaran Memakai Alat Kontrasepsi Mop Di Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal


Abstract: Pengetahuan merupakan hasil dari tahu terjadi sesudah orang mengadakan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Kesadaran ialah keinsafan, keadaan mengerti hal yang dirasakan atau dialami oleh seseorang. Pengetahuan yang didapat seseorang akan menciptakan kesadaran pada dirinya. MOP merupakan suatu metode kontrasepsi minor pada laki-laki yang sangat kondusif dan sederhana tanpa melaksanakan anastesi umum. Partisipasi suami pasangan usia subur (PUS) di Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal per Juli 2015 sebanyak 9762. Tujuan umum penelitian ini untuk menganalisa korelasi antara pengetahuan suami perihal MOP dengan kesadaran dalam memakai alat kontrasepsi MOP di Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal tahun 2015.
Desain yang dipakai dalam Penelitian ini Deskriptif korelasi dengan memakai pendekatan cross sectional, populasi dalam penelitian ini suami PUS di wilayah Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal sebanyak 9762. Sampelnya ialah sebanyak 99 suami PUS, dengan teknik proporsional stratified random sampling.
Hasil penelitian menawarkan sebagian besar mempunyai pengetahuan baik perihal MOP sebanyak 53 (53,5%) dan sebagian kecil mempunyai pengetahuan cukup sebanyak 20 (20,0%) sebagian besar mempunyai kesadaran aktif dalam memakai alat kontrasepsi MOP yaitusebanyak 54 (54,5%) dan sebagaian kecil mempunyai kesadaran pasif sebesar 45 (45,5%). Hasil penghitungan chi-square didapatkan nilai 0,000 (p<0,05). Disarankan semoga suami PUS meningkatkan pengetahuan dan mencari gosip perihal alat kontrasepsi MOP dan Bidan semoga meningkatkan promosi kesehatan khususnya KB steril pada laki-laki serta untuk meningkatkan cakupan penggunaan kontrasepsi pada pria.
Kata kunci: Pengetahuan, SuamiPasanganUsiaSubur,Kesadaran, MOP
Penulis: Sri Rahayu
Kode Jurnal: jpkebidanandd170036

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel