-->

Paket Lengkap Hubungan Fungsi Keluarga Dengan Kualitas Hidup Lanjut Usia Di Desa Jimbaran Kecamatan Kuta Selatan


Abstract: Kualitas hidup lansia yaitu kondisi fungsional lansia yang mencakup kesehatan fisik, kesehatan psikologis, hubungan sosial dan kondisi lingkungan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Desa Jimbaran Kecamatan Kuta Selatan dengan metode wawancara, didapatkan hasil bahwa dari 10 lansia diperoleh lansia yang tidak bekerja sebanyak enam (60%) orang. Dari jumlah tersebut, diketahui lansia tidak mendapat santunan keluarga yang cukup baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan fungsi keluarga dengan kualitas hidup lanjut usia di Desa Jimbaran Kecamatan Kuta Selatan.
Penelitian ini memakai desain penelitian korelasional dan rancangan cross-sectional dengan jumlah sampel sebanyak 35 lansia. Teknik analisa data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu rank spearman untuk menguji hipotesis dalam populasi yang dilakukan pada dua variabel berskala ordinal.
Hasil mengatakan bahwa dari total 35 responden didapatkan kualitas hidup lansia dengan kategori jelek sebanyak 16 responden (45,7%), kategori sedang sebanyak lima responden (14,3%) dan kategori baik sebanyak 14 responden (40%). Dari hasil analisis dengan memakai metode rank spearman sanggup diketahui bahwa nilai hubungan sebesar 0,855 dan nilai p value < 0,05.
Penelitian ini menyarankan bagi keluarga biar lebih memperhatikan lansia sehingga lansia sanggup mempunyai kualitas hidup baik alasannya yaitu hasil penelitian ini mengatakan kualitas hidup lansia jelek yang paling banyak dibandingkan dengan kualitas hidup lansia sedang dan baik.
Kata Kunci: lansia, fungsi keluarga, dan kualitas hidup
Penulis: Ni Made Dwi Ayu Martini
Kode Jurnal: jpkebidanandd170041

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel