-->

Paket Lengkap Hubungan Pengetahuan Ibu Bekerja Yang Menyusui Perihal Asi Pribadi Dengan Santunan Pengganti Asi (Pasi) Pada Bayi Umur 0-6 Bulan Di Puskesmas Pageruyung Kabupaten Kendal


ABSTRAK: Data World Breastfeeding Trends Initiative 2012 memperlihatkan Indonesia di urutan ke 49 dari 51 negara dengan angka menyusui hanya sebesar 27,5%. Pencapaian ini masih jauh dari targetpemerintah Indonesia ibu menyusui secara langsung sekurangnya 80%. Pengaruh kemajuan teknologi dan perubahan sosial budaya ini menganggap lebih simpel membeli dan memberikansusu botol daripada menyusui. Pada ibu bekerja di Puskesmas Pageruyung Kabupaten Kendalmasih terdapat ibu yang belum mengetahui wacana manfaat ASI langsung dan memperlihatkan pengganti ASI (PASI) pada bayinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kekerabatan pengetahuan ibu bekerja yang menyusui wacana ASI Eksklusif dengan kontribusi pengganti ASI(PASI) pada bayi umur 0-6 bulan di Puskesmas Pageruyung Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal.
Penelitian memakai desain penelitian analitik kekerabatan dengan pendekatan cross sectional, populasi penelitian ini yakni semua ibu bekerja yang menyusui di PuskesmasPageruyung. Sampel penelitian ini yakni 56 responden diambil secara simple random samplingdengan tehnik undian, memakai analisa bivariat dengan uji chi square pada taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian dari 56 responden sebagian besar berpengetahuan cukup wacana ASI langsung yakni 26 responden (46,40%), sebagian besar tidak memperlihatkan pengganti ASI (PASI)pada bayi yakni 34 responden (60,70%) dan ada kekerabatan antara pengetahuan ibu bekerja yangmenyusui wacana ASI langsung dengan kontribusi pengganti ASI (PASI) pada bayi umur 0-6bulan di Puskesmas Pageruyung Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal dengan p value sebesar 0,04 < 0,05. Diharapkan ibu meningkatkan pengetahuan dengan mencari isu tentangASI langsung dari banyak sekali media, menyerupai televisi, majalah, koran, internet dan lain-lain dan bias menerapkan ASI langsung kepada bayinya selama bekerja.
Kata kunci: Pengetahuan, ASI Eksklusif, Pengganti ASI (PASI)
Penulis: Shinta Ayu Nani
Kode Jurnal: jpkebidanandd170044

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel