-->

Paket Lengkap Identifikasi Faktor Pendorong Penggunaanalat Kontrasepsi Iud Pada Istri Pus Di Wilayah Kerja Puskesmas Rowosari 02 Kabupaten Kendal


ABSTRAK: Alat kontrasepsi dalam rahim yakni cara pencegahan kehamilan yang sangat efektif, aman, dan reversibel bagi perempuan tertentu, terutama yang tidak terserang Penyakit MenularSeksual dan sudah pernah melahirkan anak. IUD yakni suatu alat plastik atau logam kecil yang dimasukan ke uterus melalui karnalis servikalis, walaupun prosedur kerja niscaya tidak di ketahui, di hipotesiskan bahwa IUD mengganggu motilitas sperma dan perjalanan ovum. Tujuan penelitian ini yakni mengidentifikasi faktor pendorong penggunaan alat kontrasepsiIUD pada Istri PUS di Wilayah Kerja Puskesmas Rowosari 02 Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal.
Penelitian ini memakai desain penelitian deskriptif memakai pendekatan survey. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 3.040 orang Populasi dalam penelitianini yakni semua istri PUS di Wilayah Kerja Puskesmas Rowosari 02 Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal dan mendapat sampel pada bulan Juni sebanyak 97 responden, tekniksampling yang dipakai proporsional stratified random sampling. Analisa yang dipakai dalam penelitian ini analisa univariat.
Analisis hasii penelitian dari 97 responden sebagian besar responden yang memakai IUD berpendidikan SD sebanyak 50 orang (51,5%), memiliki pengetahuanbaik sebanyak 40 orang (41,2%) dan memiliki perilaku baik sebanyak 60 orang (61,9%).
Disarankan bagi ibu-ibu yang memakai alat kontrasepsi semoga sanggup mencari informasitentang pemakaian alat kontrasepsi Intra Uterine Device (IUD), semoga ibu lebih mengerti dan mengetahui semua isu perihal IUD dan disarankan kepada bidan semoga memperlihatkan isu yang lebih baik lagi kepada masyarakat khususnya perihal alat kontrasepsi IUD semoga komplikasi/efek samping tidak terjadi.
Kata Kunci: IUD, Istri PUS
Penulis: Lilis Nivianti, Desi Wijayanti E.D, Sri Rahayu
Kode Jurnal: jpkebidanandd170049

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel