-->

Paket Lengkap Imbas Jadwal Osoc (One Student One Client) Terhadap Keterampilan Mahasiswa Bidan Dalam Memperlihatkan Asuhan Kebidanan


ABSTRAK: Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, berdampak pada meningkatnya kebutuhan masyarakat akan mutu pelayanan kesehatan khususnya pelayanan kebidanan dengan indicator keberhasilan menurunnya AKI/AKB. Tenaga bidan yang bermutu, mempunyai kemampuan komprehensif dan profesional yang hanya sanggup dihasilkan melalui institusi penyelenggara pendidikan bidan yang berkualitas. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualifikasi bidan yaitu dengan menerapkan model asuhan kebidanan yang berkelanjutan (Continuity Of Care) dalam pendidikan klinik. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak Program OSOC (One Student One Client) terhadap keterampilan mahasiswa bidan dalam memperlihatkan asuhan kebidanan.
Desain penelitian quasi experiment dengan memakai rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yakni mahasiswa D III Kebidanan semester V baik kelompok perlakuan Akbid Pemkab Kendal (50 mahasiswa) maupun kelompok kontrol Stikes Karya Husada Semarang (65 mahasiswa). Tehnik pengambilan sampel memakai total sampling. Analisis data memakai Uji Independent T Test
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil ada perbedaan keterampilan mahasiswa bidan secara signifikan p 0,048 yaitu kelompok perlakuan lebih tinggi (86,84) dibandingkan kelompok control (84,71) sesudah praktik klinik.
Program OSOC besar lengan berkuasa terhadap pengetahuan dan keterampilan mahasiswa bidan dalam memperlihatkan asuhan kebidanan. Saran semoga Program OSOC dengan konsep metode pembelajaran Continuity Of Care sanggup dijadikan sebagai model pembelajaran klinik di Institusi Pendidikan Kebidanan dalam upaya meningkatkan keterampilan mahasiswa bidan dalam memperlihatkan asuhan kebidanan alasannya model PKK CoC ini merupakan kurikulum pembelajaran klinik yang sejalan dengan filosofi asuhan kebidanan.
Kata Kunci: Program OSOC, Pengetahuan, Keterampilan, Asuhan Kebidanan
Penulis: Fela Fastabiq Sofia Haq , Ova Emilia , Mufdlilah
Kode Jurnal: jpkebidanandd170047

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel