-->

Paket Lengkap Kekerabatan Antara Derma Suami Dengan Kejadian Hyperemesis Gravidarum Di Polindes Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal


ABSTRAK: Mual dan muntah pada kehamilan umumnya disebut morning sickness, dialami oleh sekitar 70-80% perempuan hamil dan merupakan fenomena yang sering terjadi pada umur kehamilan 5-12 minggu. Bila keadaan ini semakin berat dan tidak tertanggulangi maka disebut hyperemesis gravidarum. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kekerabatan antara pinjaman suami dengan bencana hyperemesis gravidarum di Polindes Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Desain penelitian memakai survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan selama empat ahad yaitu mulai tanggal 25 Januari 2015 hingga tanggal 22 Februari 2015 dengan jumlah sampel 54 ibu hamil dengan usia kehamilan 0-12 ahad yang melaksanakan investigasi kehamilan di Polindes Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal melalui accidental sampling.
Hasil penelitian diperoleh nilai p value 0,000. Dapat disimpulkan bahwa ada kekerabatan antara pinjaman suami dengan bencana hyperemesis gravidarum. Bagi suami disarankan sanggup menjadi suami yang siaga dan member motivasi kepada istri yang sedang hamil contohnya mengantarkan istri ke bidan atau dokter apabila terdapat keluhan dalam kehamilan supaya keluhan tersebut sanggup segera terselesaikan sehingga terwujud kehamilan yang sehat.
Kata kunci: Dukungan suami, bencana hyperemesis gravidarum
Penulis: M. Salafudin, Triana Arisdiani, Yuni Dwi Hastuti
Kode Jurnal: jpkebidanandd170039

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel