-->

Paket Lengkap Relasi Anemia Pada Ibu Bersalin Dengan Tragedi Berat Tubuh Lahir Rendah (Bblr) Pada Bayi Gres Lahir Di Rsud Dr. H. Soewondo Kendal


ABSTRAK: Bayi dengan berat tubuh lahir rendah (BBLR) merupakan salah satu faktor resiko yang memiliki bantuan terhadap selesai hidup bayi khususnya pada masa perinatal. Selain itu bayi dengan BBLR sanggup mengalami gangguan mental dan fisik pada usia tumbuh kembang selanjuttnya sehingga membutuhkan biaya perawatan yang tinggi. Faktor penyebab BBLR salah satunya ialah faktor ibu menyerupai anemia. (Proverawati, 2010) Di Jawa Tengah mengambarkan prosentase BBLR diawal tahun 2014 sebesar 3,73% sedangkan prevelensi BBLR di RSUD Soewondo Kendal sebesar 4,2 %. (Anonim, 2014)
Penelitian memakai desain penelitian analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional, populasi penelitian ini yaitu semua ibu bersalin di RSUD dr.H.Soewondo Kendal tahun 2014 sebanyak 2470 responden dan sampel 247 responden memakai Nonrandom sampling secara kuota dan hasil analisa memakai analisa bivariat dengan uji chi square pada taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian sebanyak 209(84,6%) ibu bersalin mengalami anemia, dan 146(59%) insiden BBLR. Dan ada korelasi anemia pada ibu bersalin dengan insiden berat tubuh lahir rendah di RSUD Soewondo Kendal dengan p value sebesar 0,030 < 0,05. Diharapkan peningkatan pengetahuan ibu wacana imbas anemia pada ibu ketika hamil dan investigasi rutin pada ketika hamil agar sanggup di kehui kondisi ibu.
Kata kunci: Anemia, Persalinan, BBLR
Penulis: Sri Susanti, Kunsianah, Shinta Ika Sandhi
Kode Jurnal: jpkebidanandd170053

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel