-->

Paket Lengkap Perbedaan Tingkat Perkembangan Sosial Anak Obesitas Dan Tidak Obesitas Pada Usia Sekolah


ABSTRAK: Perkembangan sosial pada anak sekolah ditandai adanya ekspansi kekerabatan dengan membentuk ikatan gres dengan sobat sebaya (peer group). Obesitas memiliki efek terhadap tumbuh kembang anak terutama konsekuensinya pada aspek psikososial pada anak alasannya ialah merasa dirinya berbeda dari orang pada umumnya diantaranya membuat rasa kurang percaya diri, depresi, dan pasif alasannya ialah sering tidak dilibatkan dalam acara yang dilakukan oleh sobat sebayanya.Mengetahui perbedaan tingkat perkembangan sosial antara anak obesitas dan tidak obesitas pada anak usia sekolah di MIN Karanganom, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik analisis data memakai uji Mann Whitney dengan taraf signifikan 95%. Jumlah sampel dalam penelitian ini di ambil dengan memakai teknik total sampling sebanyak 123 siswa. Penelitian ini menunjukkan hasilbahwa responden dengan perkembangan sosial cukup sebanyak(53,7%), yang mengalami obesitas sebanyak (33,3%). Hasil analisis memakai uji Mann Whitney diperoleh ρ value (0,002) α < (0,05), sehingga disimpulkan ada perbedaan tingkat perkembangan sosial antara anak obesitas dan tidak obesitas di MIN Karanganom, Klaten. Terdapat perbedaan tingkat perkembangan sosial antara anak obesitas dan tidak obesitas di MIN Karanganom, Klaten.
Kata kunci: Tingkat perkembangan sosial, obesitas dan tidak obesitas
Penulis: Esri Rusminingsih, Eny Rachmawati
Kode Jurnal: jpkebidanandd160490

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel