Paket Lengkap Efektifitas Pembinaan Komunikasi Terhadap Kepuasan Pasien Pada Petugas Info Dan Registrasi Rumah Sakit
Abstrak: Kecenderungan adanya penurunan pasien rawat jalan di rumah sakit yakni terbatasnya informasi. Salah satu penyebabnya yakni faktor komunikasi petugas isu dan registrasi yang kurang dipahami oleh pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sehabis pembinaan komunikasi efektif petugas terhadap kepuasan pasien. Pada penelitian ini memakai jenis penelitian komparatif dengan membandingkan antara petugas sebelum dan sehabis diberikan pembinaan komunikasi efektif. Pengambilan data yang dipakai pada penelitian ini memakai metode survey secara cross-sectional dengan koresponden sampel berjumlah 61 pasien lalu data dianalisis memakai statistik wilcoxon. Hasil penelitian menandakan adanya peningkatan kepuasan pasien sebesar 9.9%.
Penulis: Ika Kusuma Wardani, Mulyatim Koeswo Koeswo, Tri Wahyu Sarwiyata
Kode Jurnal: jpkesmasdd180064
