-->

Paket Lengkap Relasi Persepsi Terhadap Peringatan Ancaman Merokok Pada Kemasan Rokok Dengan Sikap Merokok Pada Berilmu Balig Cukup Akal Pria Di Kota Palembang


ABSTRAK: Pencantuman iklan peringatan ancaman merokok di kemasan rokok menjadikan aneka macam macam pandangan di kalangan masyarakat terutama di kalangan remaja, alasannya yaitu sampaumur gampang terpengaruh terhadap sesuatu yang baru, unik, dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi terhadap peringatan ancaman merokok pada kemasan rokok dan hubunganya dengan sikap merokok sampaumur pria di Kota Palembang.
Metode: Penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian yaitu sampaumur pria di Kota Palembang dengan sampel 125 responden yang dipilih memakai multistage random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara memakai kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan uji regresi logistik ganda.
Hasil Penelitian: Statistik mengatakan bahwa variabel yang berafiliasi dengan sikap merokok yaitu persepsi kerentanan, persepsi keseriusan, persespi manfaat, persepsi hambatan, dan instruksi untuk bertindak, sementara variabel yang tidak berafiliasi dengan sikap merokok yaitu variabel efikasi diri. Hasil analisis multivariat didapatkan bahwa variabel yang paling besar lengan berkuasa terhadap sikap merokok yaitu persepsi kerentanan.
Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan persepsi keseriusan, persepsi manfaat, dan persepsi kendala merupakan risiko penyebab sikap merokok sampaumur pria di Kota Palembang. Perhatian dari keluarga sangat di perlukan untuk mengurangi sikap merokok terutama di kalangan remaja.
Kata Kunci: Persepsi, sikap merokok, kemasan rokok
Penulis: Afria Tantri,1Nur Alam Fajar, Feranita Utama
Kode Jurnal: jpkesmasdd180070

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel