-->

Belajar Kereta Api - Murdocks

 Kereta api ditemukan oleh seorang ilmuwan Inggris yang berjulukan  Murdocks Belajar Kereta Api - Murdocks

Kereta api ditemukan oleh seorang ilmuwan Inggris yang berjulukan Murdocks. Pada mulanya kereta api dikenal sebagai kereta kuda yang hanya terdiri dari satu rangkaian kereta. Kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi dan dinamakan dengan trem. Kereta ini dipakai khususnya di daerah-daerah pertambangan.

Awal mula terciptanya jalan rel bisa dikatakan bermula di Inggris pada tahun 1630, yakni dengan adanya pengangkutan watu bara. Hasil penambangan watu bara semula diangkut dengan kereta yang ditarik kuda. Pada tahun 1804, Richard Trevithick menciptakan mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta. Kemudian George Stephenson menyempurnakan lokomotif tersebut untuk mendapat lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan bisa menarik kereta lebih banyak. Akhirnya di tahun 1815, lokomotif uap temuan George Stephenson berjalan diatas jalur antar rel selebar 1,42m. Kemudian ia menambahkan 1,3 cm pada lebar jalur. Lebar inilah yang menjadi ukuran rel standar dikala ini.

Di tahun 1888, Frank J. Sprague menuntaskan jalur kereta api listrik yang pertama dengan panjang 19 km di Richmond, Virginia. Tetapi, lokomotif listriknya sendiri gres diperkenalkan pada tahun 1895. Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Pada 1925 kereta bermesin diesel yang pertama berjalan.

Pada awal era ke 19 kereta di atas rel mulai ditarik oleh kendaraan yang dijalankan dengan mesin (lokomotif) uap. Perkembangan sarana dan prasarana kereta api terus berjalan dari tahun ke tahun, contohnya kereta api super cepat, kereta api monorail (dengan satu rel), kereta api levitasi magnetik (maglev), kereta api pengangkut berat. Begitu pula perkembangan dalam teknologi penggeraknya, contohnya lokomotif diesel, diesel-listrik dan pencetus listrik. Teknologi persinyalan juga berkembang sehingga tidak hanya dipakai sinyal mekanis tetapi juga sinyal elektris.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel