-->

Paket Lengkap Motivasi Dan Kompetensi Mahasiswa Serta Kepuasan Pasien Sehabis Mendapat Model Pembelajaran Asuhan Nifas Terintegrasi


ABSTRACT: Pendidikan merupakan salah satu hal yang menghipnotis kualitas bidan. Didasarkan atas kajian sebelumnya bahwa pendidikan bidan perlu memakai pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pasien,serta melibatkan multi disiplin ilmu.Diharapkan dengan pendekatan tersebut, sanggup meningkatkan kompetensi bidan. Penelitian mengenai kurikulum terintegrasi telah banyak dilakukan pada pendidikan kedokteran, dan terbukti efektif meningkatkan kompetensi mahasiswa. Namun, penelitian kurikulum kebidanan terintegrasi di Indonesia masih terbatas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa penerapan asuhan nifas terintegrasi terhadap peningkatan motivasi dan kompetensi mahasiswa serta kepuasan pasien dalam praktek klinik kebidanan. Penelitian ini memakai metodequasi eksperiment dengan pre-post one group design. Populasi dalam penelitian ini yakni mahasiswa semester IV aktivitas studi DIII Kebidanan UNS dan pasien yang menerima pelayanan asuhan nifas oleh mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini yakni mahasiswa 37 orang, dan pasien 37 orang yang menerima pelayanan dari mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Juli 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan motivasi dan kompetensi sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran asuhan nifas terintegrasi (p<0,001). Rata-rata peningkatan pengetahuan mahasiswa sebesar 20,27%, peningkatan perilaku sebanyak 20,27%, dan peningkatan ketrampilan sebanyak 21,63%. Sebelum diberikan asuhan nifas terinetgrasi, mahasiswa tidak ada yang kompeten, namun sesudahnya terdapat 22 orang mahasiswa yang kompeten. Kompetensi mahasiswa meningkatkan kepuasan pasien sebesar 10,667 kali (OR=10,667). Unsur kompetensi yang paling memengaruhi kepuasan yakni ketrampilan (p<0,001). Kepuasan pasien dipengaruhi oleh ketrampilan mahasiswa sebanyak 40%. Simpulan dalam penelitian ini yakni model pembelajaran asuhan nifas terintegrasi bisa meningkatkan motivasi dan kompetensi mahasiswa D III Kebidanan, serta meningkatkan kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan.
KEYWORDS: kepuasan; kompetensi; motivasi; nifas; terintegrasi
Penulis: Allania Hanung, Farid Husin, Irvan Afriandi, Dany Hilmanto, Vita Murniati Tarawan, Setiawan Setiawan, Ishak Abdulhak
Kode Jurnal: jpkebidanandd150448

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel