Paket Lengkap Analisis Penanganan Produk Fresh Food Pada Pt. Midi Utama Indonesia.Tbk Cabang Manado
ABSTRACT: Total area yang disediakan oleh Alfamidi untuk fresh food ialah 20 persen. Dengan produk fresh food ini diharapkan penanganan khusus untuk menjaga kualitas produk fresh food biar tetap segar. Jika tidak ada penangan khusus, otomatis produk fresh foodakan cepat amis atau tidak layak dijual. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari dan memahami penanganandan penyebab terjadinya kerusakan produk fresh food.Pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Hasil penelitian mengatakan tahapan-tahapan dalam penanganan produk fresh food ialah: (1) Culling, (2) Trimming, (3) Crisping, dan (4) Pemusnahan. Untuk penyebab terjadinya kerusakan pada produk fresh food ialah : (1) Kustomer yang dengan sengaja menjatuhkan atau bahkan merusak produk fresh food memakai kuku sehingga daya tahan produk menjadi semakin singkat, (2) Impelementasi penanganan produk fresh food yang tidak tertib, menyerupai seharusnya 2 (dua) kali dalam sehari menjadi 1 (satu) kali dalam sehari, (3) Faktor cuaca dari lingkungan luar toko yang sangat panas sehingga menembus beling depan toko sampai panasnya masuk kedalam area fresh food, (4) Kerusakan juga sering ditemukan pada ketika pengiriman produk fresh food dari supplier menuju gerai Alfamidi. Sebaiknya perusahaan sanggup meningkatkan penanganan terhadap produk masakan segar atau fresh food dan lebih sering lagi dilakukan pengecekan terhadap buah dan sayuran biar sanggup memuaskan konsumen dan meningkatkan penjualan di masing-masing gerai Alfamidi Cabang Manado.
Kata kunci: penanganan produk, good handling practice
Penulis: Deicilla Nadia Sumolang, Lisbeth Mananeke, Rudy S. Wenas
Kode Jurnal: jpmanajemendd180248