Paket Lengkap Pengembangan Balance Score Card (Bsc) Dalam Penerapan Teaching Factory Di Politeknik Atk Yogyakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengukuran kinerja organisasi dengan menerapkan model Balanced Scorecard dimana item-item kuesionernya digali dan dikembangkan dari konsep Teaching Factory yang dilaksanakan pada Politeknik ATK Yogyakarta. Pengukuran kinerja tersebut melibatkan Dosen, Karyawan, Mahasiswa, Alumni dan Perusahaan (user) pengguna lulusan Politeknik ATK Yogyakarta. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (research and development). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini memakai angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan memakai teknik analisis statistic deskriptif kuantitatif dan dengan menafsirkan hasil pengukuran memakai kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) menurut analisis kebutuhan, diperlukannya sistem pengukuran kinerja yang handal, komprehensif, terukur, dan berimbang di ATK Yogyakarta, ibarat pengukuran kinerja memakai model Balanced Scorecard yang perancangannya diubahsuaikan dan mengadopsi konsep Teaching Factory. (2) Ditinjau dari keempat aspek Balanced Score Card, Program Studi Teknik Pengolahan Kulit (TPK) mempunyai rata-rata skor kinerja yang lebih baik dari Program Studi Teknologi Pengolahan Produk Kulit (TPPK). (3). Secara keseluruhan Program Studi TPK maupun TPPK mempunyai kinerja yang masuk dalam kategori baik, sehingga hal ini membuktikanbahwa kinerja organisasi Politeknik ATK Yogyakarta, menurut 4 (empat) perspektif Balanced Scorecard dalam kondisi yang baik. (4) Hasil rata-rata skor Balanced ScorecardProgram Studi TPK dan Program Studi TPPK dibandingkan dengan data analisis 7 assessment parameter dalam implementasi Teaching Factory mendapat hasil final yang signifikan/sinergis.
Keywords: Balanced Score Card (BSC), Politeknik ATK Yogyakarta, Teaching Factory, 7 assessment parameter of Teaching Factory
Penulis: Sofwan Siddiq Abdullah, Andi Rahadiyan Wijaya
Kode Jurnal: jpmanajemendd170341