-->

Paket Lengkap Factors Influencing The Underpricing Of Stock Prices In Indonesian Stock Exchange


ABSTRAK: Penawaran umum perdana merupakan acara yang dilakukan perusahaan dalam rangka penawaran umum penjualan saham. Saham-saham yang tercatat di pasar perdana pada umumnyadiminati investor alasannya yaitu menawarkan initial return yang tinggi. Return ini mengindikasikanterjadinya underpricing di pasar perdana. Underpricing yaitu kondisi dimana harga saham pada waktu penawaran perdana relatif terlalu murah dibandingkan harga di pasar sekunder. Tujuanpenelitian ini yaitu untuk menguji imbas reputasi underwriter, reputasi auditor dan Return On Asset (ROA) terhadap underpricing.
Penelitian ini memakai sampel 112 perusahaan yang melaksanakan penawaran umum perdana di Bursa Efek Indonesia dalam era waktu 2011 - 2015. Analisis data memakai regresi linier berganda, yaitu menguji proksi reputasi underwriter, reputasi auditor dan Return On Asset (ROA) terhadap underpricing.
Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa reputasi underwriter kuat terhadapunderpricing. Sedangkan reputasi underwriter dan Return On Asset (ROA) tidak kuat terhadap underpricing.
Kata kunci: Penawaran Umum Perdana dan Underpricing
Penulis: Teti Anggita Safitri
Kode Jurnal: jpmanajemendd170257

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel