-->

Paket Lengkap Perbandingan Loyalitas Konsumen Pada Online Shop Dan Toko Konvensional (Brick And Mortar Store)


ABSTRAK: Saluran distribusi melalui internet sangat pesat berkembang ketika ini lantaran sangat memudahkan bagi produsen dan konsumen untuk saling berkomunikasi. Konsumen tidak perlu lagi untuk tiba ke toko danmengantri pada ketika melaksanakan pembayaran yang niscaya akan menghemat waktu dan biaya transportasibagi konsumen. Produsen juga tidak perlu menyediakan banyak daerah untuk display toko dan mengurangi persediaan pada gudang. Kemajuan teknologi warta ini juga meningkatkan persainganbagi para produsen. Produsen suatu produk berlomba-lomba membangun jejaring di dunia sosial media dan membuka web resmi di internet.
Permasalahan yang ada pada fenomena pesatnya pertumbuhan online shop yang sangat tinggi ternyata belum diikuti dengan banyaknya minat konsumen untuk berbelanja melalui internet. Hal ini terlihat daridata yang menyatakan bahwa 73% konsumen masih lebih bahagia berbelanja pada toko konvensional lantaran merasa lebih nyaman kalau sanggup lebih bersahabat dengan dengan produk yang ingin di beli sepertimenyentuh dan mencoba produk tersebut, penelitian-penelitian terdahulu juga masih mempunyai perbedaan hasil dan berdasarkan hasil pilot study yang dilakukan penulis menawarkan bahwa konsumen lebih loyal pada toko-toko konvensional yang sering mereka datangi lantaran mempunyai keeratan emosional pada tokotoko tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan loyalitas konsumen pada online shop dan toko konvensional (Brick and Mortar Store).
Perilaku konsumen menjelma tidak hanya berbelanja di toko konvensional tetapi juga melalui internet. Internet memberi fasilitas konsumen dalam berbelanja lantaran hanya melalui telepon genggam yang selalu mereka bawa, para konsumen tersebut sudah sanggup melaksanakan transaksi jual beli. Kemudahan ini juga menyebabkan referensi pembelian konsumen yang tidak hanya membeli pada satu took saja di internet, tetapi juga banyak toko di internet. Hal ini menawarkan bahwa berbelanja melalui internet menciptakan konsumen menjadi tidak loyal hanya pada satu toko saja tetapi banyak mencobamembeli di banyak sekali toko yang ada di internet tersebut. Berbeda kalau konsumen berbelanja melalui tokokonvensional yang biasanya loyal pada satu toko yang disebabkan lantaran sudah merasa nyaman dengan suasana toko, karyawan dan lokasi yang bersahabat dari daerah konsumen biasa beraktivitas.
Metode pengumpulan data yang dipakai ialah metode survey, yaitu metode riset yang dalam pengumpulan data primer melaksanakan tanya-jawab dengan responden. Survei dilakukan terhadap sampel (mengambil hanya sebagian unit populasi guna dijadikan unit observasi) yang diperlukan mewakili populasi. Responden ialah konsumen yang telah membeli di toko konvensional tertentu dan onlinshop tertentu minimal tiga kali.
Hasil dari penelitian ini terbukti bahwa loyalitas konsumen pada toko konvensional masih lebih besar dibandingkan dengan loyalitas konsumen pada onlineshop. Hal ini diakibatkan resiko yang dirasakankonsumen ketika berbelanja di onlineshop masih lebih besar dibandingkan dengan berbelanja di took konvensional, harga yang bersaing pada onlineshop juga menciptakan konsumen sulit untuk loyal terhadap satu toko saja.
Penulis: Dwi Asri Siti Ambarwati
Kode Jurnal: jpmanajemendd170257

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel