Paket Lengkap Imbas Tingkat Kualitas Pelayanan Bpjs Dan Karakteristik Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Di Akomodasi Kesehatan Tingkat Pertama
ABSTRAK: Pelayanan kesehatan di masa JKN diselenggarakan oleh semua Fasilitas Kesehatan yang berhubungan dengan BPJS. Kepuasan pasien merupakan indikator penentu berhasil atau tidak suatuprogram. Kepuasan yaitu perasaan bahagia seseorang yang berasal dari perbandingan antara suatu produk atau kinerja dengan harapannya, jikalau kinerja dibawah cita-cita maka pelanggan tidak merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek kepesertaan, pelayanan dan pembiayaan terhadap kepuasan pasien BPJS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain survey cross sectional. Data diambil secara kuantitatif dengan memakai kuesioner dan dilengkapi dengan data kualitatif melalui wawancara untuk memperdalam temuan dilapangan. Teknik sampling yang dipakai yaitu purposive sampling dengan kriteria inklusi. Jumlah sampel responden yang dipakai sebanyak 278 responden dan sampel lokasi penelitian ditentukan dengan metode random sampling mencakup puskesmas, klinik dan apotek jejaring. Data dianalisis memakai analisis regresi linear berganda berupa uji t dan uji F. Hasil penelitian di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kabupaten Karanganyar secara berturut-turut mengatakan pada uji t ada efek nyata dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS mencakup variabel kepesertaan (p = 0,02), variabel pelayanan (p = 0,00), dan variabel pembiayaan (p =0,00), Sedangkan uji F secara simultan juga mengatakan ada efek nyata dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS dengan nilai (p = 0,00).
Kata kunci: kepuasan pasien, kualitas pelayanan, kemudahan kesehatan tingkat pertama
Penulis: Yogi Bhakti Marhenta
Kode Jurnal: jpfarmasidd180286